Ini Deretan Usaha Susy Susanti, Legenda Bulutangkis Indonesia

Redaksi Daerah - Jumat, 16 Agustus 2024 10:27 WIB
Bisnis-bisnis Susy Susanti, Peraih Emas Olimpiade 1992

JAKARTA - Lucia Francisca Susy Susanti Haditono, atau yang akrab dipanggil dengan nama Susy Susanti adalah salah satu pemain bulu tangkis terhebat sepanjang masa. Pemain tunggal ini berhasil mendapatkan medali emas Tunggal putri bulu tangkis Indonesia pertama di Olimpiade Barcelona, Spanyol tahun 1992.

Susy Susanti juga pernah meraih medali perunggu di Olimpiade Atlanta, Amerika Serikat tahun 1996. Susy Susanti menikah dengan sesama pemain bulu tangkis Alan Budikusuma pada 9 Februari 1997.

Alan Budikusuma juga meraih medali emas Indonesia di bulu tangkis tunggal putra pada Olimpiade Barcelona, Spanyol tahun 1992. Pasangan Alan Budikusuma dan Susy Susanti dikaruniai 3 orang anak yang bernama Laurencia Averina wiratama, Albertus Edward Wiratama, dan Sebastianus Frederick Wiratama.

Mantan atlet bulu tangkis ini juga memiliki bisnis, yakni sebagai berikut.

Deretan Bisnis Susy Susanti

1. Peralatan Olahraga “Astec”

Dikutip dari berbagai sumber setelah pesiun menjadi atlet Susy Susanti dan Alan Budikusuma memiliki bisnis yang ia bangun dari nol, diketahui ia memiliki bisnis yang berjalan di bidang peralatan olahraga yang Bernama Astec, merupakan singkatan dari “Alan Susy Technology”.

Produk Astec ini tidak hanya membuat raket, tetapi ada beberapa seperti baju olahraga, tas olahraga, celana olahraga dan lain-lain. Produk-produk Astec ini sudah dipasarkan sejak 2002, dengan jelas produk lokal ini sudah tersebar di berbagai wilayah Indonesia, bahkan sudah diekspor hingga ke luar negeri.

Raket Astec sendiri dikenal mudah dipakai bagi para pemain pemula karena ringan, tetapi raket Astec juga bisa dipakai untuk pemain intermediate dan professional. Raket Astec ini cenderung cocok untuk pemain tunggal dibandingkan pemain ganda, karena raket ini lebih cocok untuk tipe pemain menyerang dibanding bertahan.

Bisnis ini dirilis di pertengahan 2018 untuk bekerjasama dengan PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) guna mengembangkan produk dan bisnis “Alan Susy Technology”, Dikutip dari website Antara, Rabu, 7 Agustus 2024.

2. Pijat Khusus Olahraga

Selain Astec bisnis peralatan olahraga, Susy Susanti juga memiliki pijat khusus olahraga Bernama Fontana Sport Massage, pijat olahraga ini memiliki beberapa cabang di daerah Jakarta dan Tangerang. Sport massage ini adalah sebuah terapi untuk meningkatkan peforma fisik atlet.

Lengkapnya Lokasi pijat refleksi olahraga ini, yakni:

Jakarta:

  • Gading Bukit Indah, Komplek, Jl. Raya Gading Kirana, RT.18/RW.8, Kelapa. Gading Barar, Kec. Kelapa. Gading, Jakarta Utara.
  • Unit L8L, Galeri Niaga Mediterania II, Jl. Pantai Indah Utara 2 Ruko, Blok. L, Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara.
  • Jl. Ir. H. Juanda 3 No.31H, Kb. Kelapa, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat.
  • Jl. Kedoya Duri Raya No.10A, RT.10/RW.2, Kedoya Selatan., Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat.

Tangerang:

  • Ruko Kebayoran Business Park C07 Blok KQ, Jalan Boulevard Bintaro Jaya, Pondok Jaya, Pondok Aren, Pd. Jaya, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan.
  • Ruko Crystal Lane no.49 Jl. Bhayangkara, Alam Sutera, Pakulonan, Serpong, Kota Tangerang Selatan.
  • Jl. Kelapa. Gading Sel. Blok AJ10 No.16, RT.1/RW.12, West Pakulonan, Kelapa Dua, Tangerang Regency.
  • Ruko Azores Blok B7 No. 9, Jalan Wijaya Kusuma, Banjarwijaya, RT.001/RW.003, Poris Plawad Indah, Cipondoh, Tangerang City.

Bogor: Jl. Raya Pajajaran No.60H, RT.02/RW.04, Baranangsiang, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Prita Lyani Ayuninda pada 11 Aug 2024

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 16 Agt 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS