Ini Dia 7 Cara Merawat Tanaman Hias Biar Tetap Cantik di Ruangan

Halo Berita 14 Okt 2020, By Rahmat DS
Ini Dia 7 Cara Merawat Tanaman Hias Biar Tetap Cantik di Ruangan (halopacitan/istimewa)

COVID-19 salah satunya membawa efek menjamurnya tanaman hias. Hampir semua rumah saat ini berlomba-lomba untuk menanam, mulai bunga, sayuran, buah dan lain-lain. Rupanya menanam menjadi hobi baru yang banyak merasuki masyarakat Indonesia.

Yang suka menanam tanaman hias, kalian harus tahu bahwa ada 2 jenis tanaman hias yang bisa Anda pilih untuk mempercantik rumah Anda, yaitu tanaman hias outdoor dan indoor.

Tips merawat tanaman hias indoor akan berpegaruh terhadap kualitas tanaman. Jangan sampai salah merawatnya, bukan tidak mungkin tanaman hias ini akan layu atau bahkan mati.

Merawat tanaman hias sebenarnya tidak susah yang terpenting adalah konsistensi dan ketelatenan. Berikut tips merawat tanaman hias indoor yang bisa Anda praktikkan sebagaimana dikutip dari jogjaaja.com.

Mengenali Karakteristik Tanaman Hias

Langkah pertama untuk merawat tanaman hias adalah mengenali lebih dulu karakteristik tanaman hias. Pasalnya, setiap tanaman hias memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Karena itu, kamu perlu mengetahui varietasnya, jenisnya, rekomendasai suhu, kelembaban, cahaya, dan juga metode perawatan. Informasi ini bisa kalian dapatkan melalui browsing di internet atau bertanya pada pakarnya.

Pencahayaan yang Baik

Meskipun indoor, tanaman hias ini perlu mendapat cahaya matahari. Tetapi pencahayaan dari sinar matahari ini harus disesuaikan kualitas, durasi, dan intensitasnya.

Usahakan agar tanaman hias indoor ini tidak mendapat paparan sinar matahari langsung karena bisa membuat tanaman hiasmu layu atau daun-daunnya terbakar.

Berikan Air Secukupnya

Air menjadi hal yang cukup dibutuhkan setiap tanaman. Karena itu, penyiraman tanaman hias indoor ini cukup diperlukan.

Namun intensitas penyiraman juga harus diperhatikan. Pastikan jangan terlalu sering juga menyiram tanaman hiasmu dengan air karena bisa menyebabkan akar membusuk. Intinya kenali dulu karakteristika tanamanmu.

Media Tanah yang Tepat

Memilih tanah menjadi hal yang juga penting bagi tanaman hias. Jangan gunakan tanah biasa karena bisa merusak bahkan membuat tanamanmu mati.

Perhatikan kebutuhan tanah setiap jenis tanamanmu, apakah tanah yang diperlukan adalah tanah regosol, humus, atau mungkin tanah gambut. Sebagian besar tanaman hias membutuhkan jenis tanah khusu yang mengandung kadar organik dan nonorganik tertentu.

Berikan Pupuk Sesuai Kebutuhan

Merawat tanaman hias tidak cukup dengan menyiram saja. Memberikan pupuk juga diperlukan sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Sebab tanaman juga butuh nutrisi tambahan untuk bertahan hidup dan berkembang. Nutrisi ini bisa didapatkan dari pupuk, baik pupuk organik maupun nonorganik.

Jangan Terlalu Sering Memindahkan

Tanaman butuh lingkungan yang sesuai untuk tumbuh. Karena itu, jangan terlalu sering memindahkan tanamanmu agar perkembangannya baik.

Terlalu sering memindahkan tanaman hias justru akan membuat tanaman menjadi kurang bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Pangkas Secara Berkala

Beberapa tanaman hias memerlukan pemangkasan tangkai dan daunnya secara berkala. Ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang menyerang tanamanmu.

Tapi pastikan durasi yang tepat untuk memangkas tanaman hiasmu agar mendapatkan hasil yang baik. Jangan sampai terlalu cepat atau terlalu lama.

undefined

SP