Ini Keunikan Pantai Klayar Pacitan: Laguna, Batu Sphinx, dan Karang Bolong

Rahmat Deny - Sabtu, 06 November 2021 22:25 WIB
Eksotiknya Pantai Klayar Pacitan (halopacitan/istimewa)

Pantai Klayar identik dengan hamparan pasir putih dan batu karang serta dikelilingi oleh tebing-tebing batu. Pantai ini terletak di Pacitan, Jawa Timur dan berbatasan dengan Wonogiri, Jawa Tengah. Pantai yang terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan tersebut selalu menyita perhatian pengunjung.

Kata Klayar berasal dari kata 'Klayar-kluyur' yang artinya ‘jalan-jalan’. Hal ini tentu mengandung makna bahwa siapa pun yang datang ke Pantai Klayar pasti ingin kembali.

Pantai Klayar menyuguhkan berbagai fenomena seperti laguna, Batu Sphinx, dan Karang Bolong. Laguna yang indah diapit oleh dua gugusan bebatuan, ditambah dengan jernihnya ombak yang menghantam dinding bebatuan, kemudian memecah dan berputar di atas pasir putih. Laguna kecil itu menakjubkan dan betah memandangnya.

Pantai Klayar memiliki gugusan batu karang yang menjulang tinggi di sebelah Timur laguna, bentuknya menyerupai Sphinx di Mesir. Ombak berkali-kali menghempas batu karang dengan kuatnya dan menimbulkan efek air terjun di dinding dengan gelembung-gelembung putih yang indah.

Fenomena lain yang dimiliki Pantai Klayar adalah air mancur laut. Bentuknya berupa semburan air berbentuk vertikal seperti yang terdapat di taman-taman kota. Namun, air mancur ini merupakan proses alamiah pengikisan karang yang lambat laun menjadi berlubang. Oleh karenanya, air mancur Pantai Klayar disebut sebagai karang bolong ‘karang berlubang’

Siapa pun yang pernah datang ke Pantai Klayar pasti akan selalu merindukannya. Bukan saja keindahan alamnya, tetapi makanan khas yang tersaji serta kelapa muda dengan sirup gula jawa menjadi bagian menarik di Pantai Klayar Pacitan.

Editor: SP

RELATED NEWS