Inilah 10 Pulau Terbesar di Dunia, Indonesia Punya Dua

Amirudin Zuhri - Senin, 23 Mei 2022 10:19 WIB
Inilah 10 Pulau Terbesar di Dunia, Ada yang dari Indonesia? (Pexels.com/Symeon Ekizoglou)

JAKARTA - Pulau didefinisikan sebagai wilayah daratan yang lebih kecil dari benua dan dikelilingi oleh air. Pulau sendiri dapat terbentuk di samudra, danau, laut, atau sungai dan biasanya berasal dari gunung berapi.

Ada juga pulau-pulau tropis yang terbentuk dari terumbu karang. Berikut 10 pulau terbesar di dunia berdasarkan ukuran luas daratan, seperti yang dilansir dari laman All Top Everything.

1. Greenland: 2.130.800 km²

Greenland merupakan pulau yang terbesar di dunia dan membentang di Kutub Utara dan Samudra Atlantik. Meski terletak di Amerika Utara, Greenland secara resmi menjadi milik Kerajaan Denmark.

Meski Greenland berukuran sangat luas, hanya sekitar 55.000 orang saja yang tinggal di pulau tersebut. Hal ini karena sekitar 80% dari pulau ini tertutup oleh lapisan es permanen.

2. Papua Nugini: 785.753 km²

Papua Nugini tepat di utara negara Australia. Bagian barat pulau ini menjadi milik Indonesia, sedangkan bagian timur menjadi negara merdeka, yaitu Papua Nugini. Pulau tersebut dihuni oleh lebih dari 11 juta orang.

3. Kalimantan: 748.168 km²

Kalimantan merupakan pulau terbesar ketiga di dunia. Pulau ini terletak di bagian Asia Tenggara dari Samudra Pasifik. Secara politis, pulai ini terbagi menjadi tiga negara, bagian terbesar sekitar 73% milik Indonesia, 26% Malaysia, dan sisanya yaitu Brunei.

4. Madagaskar: 587.041 km²

Madagaskan merupakan pulau terbesar di Afrika dan menjadi pulau terbesar keempat di dunia. Seluruh pulau Madagaskan saat ini milik negara dengan nama yang sama. Hal itu menjadikan Madagaskar sebagai negara dengan pulau terbesar kedua di dunia.

5. Pulau Baffin: 507.451 km²

Pulau ini terletak tepat di utara daratan Kanada dan dinamai sesuai dengan penjelajah Inggris yang menemukan pulau tersebut yaitu William Baffin. Saat ini, Pulau Baffin menjadi bagian dari Kanada.

6. Sumatera: 443.066 km²

Pulau Sumatera merupakan pulau dari negara Indonesia yang paling dekat dengan daratan Asia. Pulau Sumatera dikenal memiliki beberapa hutan tropis yang dihuni oleh spesies langka.

7. Honshu: 225.800 km²

Pulau Honshu merupakan pulau paling besar di Jepang dan terletak di selatan Hokkaido. Ada sebanyak 98.352.000 orang yang menghuni pulau Honshu dan kebanyakan bermukim di dataran rendah terutama di daerah Kanto, di mana 25% dari seluruh penduduk tinggal di sekitar Tokyo dan Yokohama.

8. Victoria: 217.291 km²

Pulau Victoria merupakan salah satu pulau dari Kepulauan Arctic Kanada di Nunavut dan Northwest Territories, Kanada.

9. Britania Raya: 209.331 km²

Pulau Britania Raya merupakan pulau yang terletak di barat laut daratan Eropa. Pulau yang terletak di Samudra Atlantik ini merupakan bagian dari Inggris Raya atau United Kingdom.

10. Ellesmere: 196.236 km²

Ellesmere merupakan pulau yang berlokasi di Kepulauan Arktik, Samudra Arktik, Kanada. Pulau terbesar kesepuluh di dunia ini terdapat sistem pegunungan Cordillera Arktik yang mencakup sebagian besar Pulau Ellesmere yang menjadikannya yang daerah paling bergunung-gunung di Kepulauan Arktik.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 22 May 2022

Bagikan

RELATED NEWS