Jadi Viral, Yuk Kenali Apa Itu Lumba-lumba Moncong Panjang

Amirudin Zuhri - Minggu, 09 Januari 2022 21:19 WIB
Lumba-lumba moncong panjang (NOAA fisheries)

PACITAN- Penangkapan tujuh ekor lumba-lumba moncong panjang (long-beaked common dolphin) di perairan Pacitan, Jawa Timur menjadi viral . Mayoritas warganet mengecam tindakan nelayan yang menangkap dan membunuh satwa mamalia laut dilindungi tersebut.

Kepolisian Pacitan juga menindaklanjuti kabar tersebut dan mengonfirmasi hasil penyidikan kasus penangkapan tujuh ekor lumba-lumba diduga jenis moncong panjang (long-beaked common dolphin) dan tidak ada unsur kesengajaan. Empat ekor lumba-lumba di antaranya masih hidup sehingga langsung dilepas ke laut.

Sebenarnya apa itu lumba-lumba moncong panjang yang memiliki nama ilmiah Delphinus capensis tersebut?

Dikutip dari NOAA Fisheries, lumba-lumba moncong panjang dapat ditemukan dalam kelompok besar di Samudra Atlantik, Hindia, dan Pasifik. Spesies yang sangat sosial dan energik ini lebih menyukai perairan dangkal, tropis, subtropis, dan hangat yang lebih dekat ke pantai dan di landas kontinen.

Lumba-lumba moncong panjang berkerabat dekat dan kerap sulit dibedakan dengan lumba-lumba moncong pendek. Kedua spesies tersebut memiliki sedikit perbedaan dalam ukuran, penampilan, dan preferensi habitat. Lumba-lumba moncong panjang lebih sedikit daripada kerabatnya yang bermoncong pendek.

Lumba-lumba paruh panjang Pasifik Utara bagian timur merupakan satu-satunya populasi yang ditemukan di Amerika Serikat dan tidak terdaftar sebagai terancam atau hampir punah. Namun seperti semua mamalia laut, mereka dilindungi di bawah Undang-Undang Perlindungan Mamalia Laut. Sedang di Indonesia, binatang ini masuk dalam daftar hewan yang dilindungi.

NOAA Fisheries menyebut meskipun meskipun jumlahnya lebih sedikit daripada lumba-lumba moncong pendek, lumba-lumba moncong panjang tidak dianggap terancam atau hampir punah.

Relatif Kecil

Lumba-lumba moncong panjang berukuran relatif kecil dengan panjang mencapai 1,9 meter sampai 2,5 meter dengan berat maksimal 200 kg.

Mereka dapat dikenali dengan dahi membulat (dikenal sebagai melon) dan 47 hingga 67 pasang gigi tajam kecil di setiap rahang. Ini lebih banyak daripada spesies lumba-lumba lainnya. Tubuh mereka ramping dan memiliki sirip punggung segitiga yang relatif tinggi di tengah punggung.

Lumba-lumba moncong panjang dapat dikenali dari pola warnanya yang khas. Mereka memiliki pola jam pasir yang dibuat oleh punggung gelap, panel kuning/cokelat kusam di sisi depan sirip punggung dan panel abu-abu lebih terang memanjang di sepanjang sisi dari sirip punggung hingga ekornya. Garis gelap yang lebar memanjang dari rahang bawah ke sirip dan warna gelap di punggungnya biasanya mencakup mata.

Pola warna lumba-lumba moncong panjang muda umumnya lebih kalem daripada lumba-lumba dewasa. Pola warna dapat berbeda dan bervariasi menurut wilayah geografis dan regional. Membedakan spesies lumba-lumba memang paling sulit pada saat masih muda.

Lumba-lumba moncong panang biasanya ditemukan dalam kelompok sosial yang besar dengan rata-rata 100 hingga 500 ekor dan mereka kadang-kadang terlihat dalam kawanan yang lebih besar yang terdiri dari ribuan individu.

Lumba-lumba jenis ini sering aktif di permukaan dan menunjukkan berbagai perilaku. Lumba-lumba yang sangat sosial dan energik ini biasanya terlihat berenang dengan cepat dan melompat keluar dari air dengan kecepatan tinggi. Mereka juga akan berenang di depan kapal.

Lumba-lumba moncong panjang mencari makan di perairan yang relatif dangkal dengan ikan-ikan kecil. Kelompok lumba-lumba dapat bekerja sama untuk menggiring kawanan mangsa. Perilaku menyelam mereka dianggap seperti lumba-lumba moncong pendek.

Dimana mereka tinggal?

Lumba-lumba moncong panjang umumnya lebih menyukai perairan dangkal, tropis, subtropis, dan hangat dalam jarak 50 hingga 100 mil laut dari pantai dan di landas kontinen, sering kali di perairan pantai. Ada populasi terpisah dengan distribusi terbatas di sepanjang garis pantai di Samudra Atlantik, Hindia, dan Pasifik.

Di perairan Amerika spesies ini hanya ditemukan di sepanjang pantai barat, dan penyebarannya meluas dari Baja California, Meksiko, ke utara hingga California tengah. Populasi lain dapat ditemukan di lepas pantai Amerika Selatan (Peru, Chili, Venezuela, Brasil, dan Argentina), Afrika Barat, Afrika Selatan, Madagaskar, Semenanjung Arab, India, Indonesia, China, Korea, dan Jepang selatan. Pusat distribusi dan populasi spesies ini dapat berubah dengan kondisi oseanografi yang bervariasi.

Umur, Reproduksi, dan Ancaman

Lumba-lumba moncong panjang memiliki perkiraan umur sekitar 40 tahun dan menjadi dewasa secara seksual sekitar sepuluh tahun dengan panjang sekitar 2 meter. Periode kehamilan 10 hingga 11 bulan dan setiap satu hingga tiga tahun, betina melahirkan satu anak yang panjangnya sekitar 0,7 hingga 1 meter dan beratnya sekitar 9 kg.

Salah satu ancaman utama bagi lumba-lumba ini adalah terjerat alat tangkap seperti jaring apung, gillnet, dan pukat cincin.

Tetapi perburuan hewan ini juga menjadi ancaman tersendiri Memburu. Sejumlah kecil lumba-lumba moncong panjang telah dibunuh untuk makanan dan umpan di Karibia, Venezuela, Peru, Afrika Barat, dan pulau-pulau lepas pantai lainnya.

Selain itu lumba-lumba biasa berparuh panjang sangat rentan terhadap keracunan asam domoat, yang merupakan racun saraf yang diproduksi oleh alga. Ketika alga berbahaya mekar ikan teri memakan alga berbahaya, dan mereka dimakan oleh lumba-lumba moncong panjang. Bioakumulasi alga beracun ini dapat menyebabkan kejang dan terkadang kematian pada lumba-lumba ini dan mamalia laut lainnya.

RELATED NEWS