Jalur Pacitan-Solo via Sedeng Ditutup

Dias Lusiamala - Rabu, 24 Agustus 2022 12:38 WIB

PACITAN- Jalur Pacitan-Solo via jalan alternatif Sedeng ditutup karena adanya perbaikan jalan di sisi sebelah selatan tanjakan Mloko. Penutupan total ini berlaku untuk kendaraan roda empat. Kendaraan roda empat tidak dapat melintas, dan terpaksa dialihkan ke jalur bus.

"Kami telah menyiapkan jalur alternatif untuk roda dua. Akan tetapi untuk roda empat kami tidak bisa menyiapkan jalur alternatif sekitar lokasi perbaikan, hanya bisa mengalihkan ke jalur bus," kata Kepala Dinas PUPR Suparlan, Selasa (23/8/2022).

Keterbatasan medan lokasi perbaikan inilah yang membuat Dinas PUPR kesulitan membuatkan alternatif jalan sekitar lokasi perbaikan. Karena medan jalan Mloko sebagian besar merupakan tebing curam. Sehingga pihaknya kesulitan membuat jalan darurat untuk kendaraan roda empat.

"Kemarin sudah kita cari ke mana-mana ternyata tidak menemukan jalur untuk roda empat," kata Suparlan.

Penutupan jalan dilaksanakan Dinas PUPR berkoordinasi dengan beberapa dinas dan satlantas Pacitan. Peran warga sangat membantu para pekerja lapangan dalam mengarahkan pengguna jalan. Selain itu mereka juga siap membantu jika ada pengendara yang tidak berani melintas. Pasalnya jalan yang ada relatif sempit dan melalui tikungan dan turunan.

Sesuai hasil koordinasi dengan kepolisian pula, Dinas PUPR juga menempatkan sejumlah rambu pada pintu masuk menuju Sedeng. Ini berlaku baik dari arah Kota Pacitan maupun dari arah Solo.

Penutupan sendiri, kata Suparlan akan berlangsung dua pekan. Hanya saja jalan bisa dibuka lebih cepat jika perbaikan bisa selesai lebih awal. Terutama jika tidak ada kendala cuaca.

"Kami rencanakan ini selama dua minggu. Mudah-mudahan nanti di dalam pelaksanaannya tidak terkendala oleh cuaca sehingga kita bisa efektif bekerja,"kata Suparlan.


Bagikan

RELATED NEWS