Jangan Konsumsi Espresso Berlebih, Ada Bahayanya

Amirudin Zuhri - Senin, 16 Mei 2022 11:03 WIB

JAKARTA - Jika Anda kerap mengonsumsi espresso, ada baiknya Anda tetap waspada. Seperti yang dilansir dari laman Sky News, minum espresso dapat menyebabkan kadar kolesterol yang lebih tinggi pada pria, tetapi tidak pada wanita.

Penelitian sebelumnya telah menghubungkan bahan kimia alami yang terdapat pada kopi dengan tingginya kadar kolesterol dalam darah. Masalah tersebut dikaitkan dengan berbagai masalah jantung seperti stroke.

Akademisi dari Norwegia meneliti hubungan antara metode pembuatan bir dan kolesterol dengan melihat cara orang minum kopi dan menilai kadar kolesterol dalam darah mereka.

Penelitian ini meniliti 21.000 orang yang berusia di atas 40 tahun dari Tromso di Norwegia. Analisis tersebut menunjukkan hubungan antara kopi dan kolesterol yang bervariasi tergantung pada metode pembuatan bir dengan perbedaan yang signifikan antar jenis kelamin.

Seseorang yang mengonsumsi tiga sampai lima espresso sehari lebih mungkin memiliki kadar kolesterol dalam darah yang lebih tinggi, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum espresso. Pria yang mengonsumsi tiga sampai lima espresso ternyata memiliki konsentrasi kolesterol yang lebih tinggi daripada wanita.

Peserta yang ikut dalam penelitian ini dan minum lebih dari enam cangkir kopi di kafetaria diketahui kadar kolesterolnya meningkat.

Diketahui, konsumsi enam cangkir kopi yang disaring dikaitkan dengan kadar kolesterol yang lebih tinggi pada wanita, dan tidak pada pria.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa jenis kopi yang dikonsumsi berbeda dampaknya bagi kesehatan. Sebelumnya, penelitian menunjukkan bahwa kopi yang disaring mungkin lebih baik untuk kesehatan jantung.

Hal ini karena espresso tanpa filter memiliki kandungan senyawa tertentu lebih tinggi yang terkait dengan kolesterol tinggi.

Meski begitu, kopi sendiri memiliki kandungan ribuan senyawa yang berdampak positif untuk kesehatan. Namun, ada baiknya jika Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Gejala efek samping terlalu banyak konsumsi kopi yaitu muncul rasa gelisah, mual, jantung berdebar, dan merasa cemas.

Editor: Amirudin Zuhri
Bagikan

RELATED NEWS