Jangan Lupa Nonton, Mulai 22 September Kompetisi Robot Indonesia 2021 Akan Digelar Secara Daring

Rahmat Deny - Jumat, 17 September 2021 09:58 WIB
Kontes Robot Indonesia Tahun 2021 (sumber: puspesnas on youtube)

Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021 memasuki tahun ke-19 sejak pertama kali diadakan pada tahun 2003. KRI adalah kegiatan kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 

 
Semenjak pandemic COVID 19 melanda tahun 2020 yang lalu, kegiatan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2020  berubah bentuk dari kegiatan kontes luring (luar jaringan/ offline) menjadi kontes daring (dalam jaringan/ online). Pada tahun 2021 ini, Pusat Prestasi Nasional masih menyelenggarakan Kontes Robot Indonesia secara daring. 

 

Dalam KRI 2021 ini, nantinya peserta akan bertanding di tempat masing-masing yang ditayangkan secara daring melalui video conference. Sementara itu, juri dan panitia terpusat di perguruan tinggi yang menjadi tuan rumah yaitu UGM dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Perguruan tinggi tuan rumah menjadi ruang kontrol pertandingan dengan tim juri akan memandu jalannya kompetisi serta melakukan penilaian setiap tim secara live streaming. 

 

Wakil Ketua I Pelaksana KRI 2021, Suherman, Ph.D., mengatakan KRI merupakan kompetisi bergengsi yang ditunggu oleh seluruh mahasiswa Indonesia sebagai ajang mengalirkan bakat, minat, kreativitas, dan ide di bidang robotika.

 

"Total ada 278 tim robot dari 107 perguruan tinggi yang ikut dalam KRI Wilayah meliputi 140 tim dari 54 perguruan tinggi  di KRI Wilayah I dan 138 tim dari 53 perguruan tinggi di KRI Wilayah II," paparnya seperti dilansir dari ugm.ac.id Selasa (14/9/2021).

 

Kegiatan KRI 2021 terdiri dari 6 (enam) divisi yang seluruhnya diselenggarakan secara daring, yaitu:

  1. Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI);
  2. Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) - dahulu adalah divisi KRPAI;
  3. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda;
  4. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia(KRSBI) Humanoid;
  5. Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI);
  6. Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

 
Pada KRI 2021, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) bertransformasi menjadi Kontes Robot SAR indonesia (KRSRI). 

 
KRI 2021 diselenggarakan secara bertahap. Dimulai dari tahap pengiriman proposal dari calon tim peserta KRI. Tim yang lolos seleksi proposal tahap pertama, akan mengikuti seleksi tahap kedua, yang merupakan evaluasi kesiapan tim. Seleksi tahap kedua mencakup kesiapan robot, lapangan kontes dan infrastruktur vide0 conferencing. Calon tim peserta yang lolos seleksi tahap kedua, akan diundang untuk mengikuti Kontes Tingkat Wilayah.  Kontes Tingkat Wilayah diselenggarakan di 2 (dua) wilayah. Wilayah I mencakup Indonesia bagian Barat dan Wilayah II mencakup Indonesia bagian Timur. . KRI Wilayah I dan KRI Wilayah II akan dilaksanakan secara berseri mulai tanggal 22 September hingga 1 Oktober 2021.

 


Sejumlah tim terbaik pada Kontes Tingkat Wilayah akan diundang untuk ikut serta pada Kontes Robot Indonesia 2021 Tingkat Nasional. Seluruh tim peserta dari seluruh divisi KRI Tingkat Nasional mempresentasikan robotnya dalam bentuk makalah pada  Indonesian Symposium on Robotic, Systems an Control (ISRSC) 2021. 

sumber: kontesrobotindonesia.id

KRI 2021 diadakan secara pertahap yakni seleksi proposal dan yang lolos akan maju seleksi di tingkat wilayah. KRI Wilayah diselenggarakan dalam dua wilayah. KRI Wilayah I diikuti tim mahasiswa dari wilayah Indonesia bagian Barat. Lalu, KRI Wilayah II diikuti tim mahasiswa dari wilayah Indonesia bagian Timur 

 

Selanjutnya tim dengan prestasi terbaik di tingkat wilayah akan diundang mengikuti KRI Tingkat Nasional pada 2021. KRI Nasional akan dilaksanakan pada 12-17 Oktober 2021.

 

Sementara itu, Naufal Catra Rahmadian, panitia dari unsur mahasiswa, mengatakan KRI akan mempertandingkan enam divisi lomba secara real time dan secara live streaming. Dari enam divisi lomba terdapat satu divisi yang mengalami perubahan format pertandingan yakni pada divisi KRSRI dengan menghadirkan tantangan yang berbeda.

 

“Ada perubahan format di divisi KRSRI dimana menghadirkan tantangan yang lebih menarik dari sebelumnya. Pertandingan juga akan dimainkan secara langsung melalui kanal youtube,"jelasnya.

RELATED NEWS