Jumat Berkah,  Puskesmas Candi Beri Perawatan pada ODGJ

Dias Lusiamala - Minggu, 14 Agustus 2022 11:01 WIB
Kapala Desa Watukarung, Sri Peni (berjilbab) saat mengunjungi ODGJ bersama petugas Puskesmas (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN – Puskesmas Candi, Kecamatan Pringkuku, Pacitan memiliki program menarik untuk mengisi Jumat Berkah. Pada hari itu mereka bergerak memberikan pengobatan bagi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Selain melakukan pemeriksaan secara rutinUPT Puskesmas Candi juga terus melakukan kunjungan dari rumah ke rumah serta melakukan kegiatan pangkas rambut ke beberapa ODGJ yang ada di sekitar lingkungan puskesmas.

Salah seorang perawat di UPT Puskesmas Candi, Joko Rahayu mengatakan, beriringan dengan Jumat berkah, pihaknya bersama Babinsa dan Kapala Desa Watukarung, Sri Peni, menggelar program jiwa. Salah satu kegiatan program ini adalah melakukan kunjungan ke lokasi ODGJ dan pelayanan potong rambut.

“Selain melakukan pemeriksaan dan pengobatan, kami juga memberikan pelayanan potong rambut bagi sejumlah ODGJ. Harapannya, mereka biar nampak rapi, bersih, sehingga lebih mempercepat proses penyembuhannya,” kata Joko, Jumat (12/8/2022) lalu,

Joko berharap, dengan kegiatan kunjungan dari rumah ke rumah, akan lebih mempermudah dalam melakukan pemeriksaan dan pengobatan bagi mereka yang saat ini tengah mengalami ODGJ.

“Harapannya, mereka bisa segera sembuh dan kembali melakukan aktivitas yang produktif,” kata Joko.

Editor: Amirudin Zuhri
Tags puskesmasODGJBagikan

RELATED NEWS