Kabar Gembira Bagi ParaNelayan, Menteri Trenggono Rencanakan Nelayan Peroleh Uang Pensiun

SP - Senin, 08 Februari 2021 23:44 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono undefined

Menteri Kelautan dan Perikanan akan melakukan kebijakan terobosan yang menggembirakan bagi para nelayan. Adapun Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono seperti dilansir dariTrenasia.com Minggu (7/2/2021) menginginkan adanya kebijakan terobosan yang memastikan adanya jaminan hari tua atau uang pensiun untuk pelaku profesi ini.

“Perlindungan dan peningkatan kesejahteraan nelayan menjadi prioritas capaian Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). KKP berencana melakukan sejumlah terobosan untuk mencapai target tersebut, salah satunya memastikan adanya jaminan hari tua atau uang pensiun untuk nelayan,” kata Menteri Trenggono dalam siaran persnya Sabtu 6 Februari 2021.

Ada tiga hal menurut Menteri Trenggono, yang harus dicanangkan terkait perlindungan dan kesejahteraan nelayan yaitu asuransi kecelakaan, asuransi kesehatan, dan tunjangan hari tua.

Tidak hanya itu, dia juga menargetkan adanya transformasi sistem penangkapan ikan dan pengawasan terhadap kapal-kapal perikanan dengan memanfaatkan teknologi informasi, untuk peningkatan produktivitas nelayan, menjaga kualitas produk, serta menjamin keberlanjutan populasi perikanan di laut Indonesia. Untuk itu, ia juga meminta jajarannya rutin berkoordinasi dengan Kementerian/Lembaga (K/L) terkait serta pemerintah daerah.

KKP diharapkan mempersiapkan strategi untuk meningkatkan permodalan atau pembiayaan terhadap nelayan, khususnya nelayan kecil dalam rangka membangkitkan perekonomian di kawasan pesisir.

“Saya meminta kepada KKP untuk siapkan strategi pada sektor pembiayaan kepada nelayan dan pelaku usaha untuk pemulihan ekonomi masyarakat dengan pola membangun kampung-kampung perikanan,” kata Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan.

Johan berpendapat bahwa membangun kampung-kampung perikanan di kawasan pesisir adalah juga upaya untuk memperkuat pemulihan ekonomi masyarakat.

Dia juga mengutarakan harapannya agar adanya kebijakan KKP untuk kelonggaran pembiayaan atau pembayaran terhadap sektor kelautan perikanan sebagai dampak dari pandemi COVID-19 saat ini.

Bagikan

RELATED NEWS