Kegiatan Seni di Pacitan Harus Marak dan Jangan Sendiri-Sendiri

Amirudin Zuhri - Jumat, 07 Januari 2022 13:21 WIB
Pelantikan Dewan Kesenian Pacitan untuk masa bhakti 2021-2025 (Humas Pemkab Pacitan)

PACITAN-Bupati Indrata Nur Bayuaji berharap Kabupaten Pacitan sering menggelar kegiatan untuk mempertahankan atau memperkenalkan budaya, tradisi dan kesenian Pacitan.

“Saya membayangkan agenda kesenian di Pacitan atau kegiatan event itu bisa banyak sekali dan sebenarnya iya kalau kita rajin membuka media sosial. Sebenarnya ada terus, namun itu semua belum jadi satu,” kata Bupati saat pelantikan Dewan Kesenian Pacitan di Sanggar Song Meri Desa Sukoharjo, Jumat (07/01//2022).

Aji melihat sejauh ini kegiatan berkesenian di Kabupaten Pacitan cenderung masih bersifat individu atau kelompok belum dalam satu agenda besar Kabupaten Pacitan. Untuk itu, melalui kepengurusan Dewan Kesenian terlantik, Bupati berharap dapat menyatukan para pelaku seni budaya serta kelompok-kelompok sanggar yang ada. Bersatu padu berkolaborasi demi mengangkat nama daerah.

“Semangatnya harus sama-sama demi Pacitan. Kalau semua sudah berpikir Pacitan, harapannya akan banyak orang yang datang, dan uang itu akan datang dengan sendirinya,” katanya lagi.

Khusus kepada Dewan Kesenian, Bupati berharap bisa menjadi mitra pemerintah daerah dalam membuat strategi kebijakan dalam pengembangan kesenian tradisi dan budaya di Pacitan.

Dalam kesempatan itu pula Bupati Indrata Nur Bayuaji mempersembahkan satu puisi karya KH. Mustofa Bisri atau yang akrab di sapa Gus Mus dengan judul “Kalau Kau Sibuk Kapan Kau Sempat". Dewan Kesenian Pacitan untuk masa bhakti 2021-2025 akan bertugas dengan Khoirul Amin sebagai nahkodanya.

RELATED NEWS