Kekayaan Miliarder Dunia Kompak Menguap

Amirudin Zuhri - Senin, 20 Juni 2022 14:46 WIB
Tak Sekaya Dulu, Kekayaan Miliarder Dunia Menguap Berjamaah

JAKARTA- Sejumlah orang terkaya di dunia saat ini harus menerima kenyataan harta mereka mengalami penurunan yang signifian. Bahkan, beberapa pemilik perusahaan teknologi harus rela kehilangan kekayaan bersihnya hingga lebih dari US$60 milliar atau kisaran Rp895 triliun (asumsi kurs Rp14,700 per dolar Amerika Serikat/ AS)

Ada sejumlah faktor yang menjadi andil dari berkurangnya kekayaan bersih para miliarder. Antara lain melambatnya ekonomi Amerika Serikat karena suku bunga acuan The Fed dinaikkan, kekhawatiran akan potensi resesi AS, serta tiga indeks saham terbesar di bursa saham AS Wall Street yang turun.

Mengutip Bloomberg Billionares Index Senin 20 Juni 2022, berikut daftar Miliarder Dunia yang kekayaannya boncos tahun ini;

1. Elon Musk

Miliarder satu ini dikenal sebagai pemilik Tesla, pembuat mobil listrik paling berharga di dunia. Ia juga merupakan kepala eksekutif SpaceX, produsen roket yang disadap oleh NASA untuk memasok stasiun luar angkasa, dan memiliki saham di perusahaan jejaring sosial Twitter.

Berdasarkan Bloomberg Billionare Index, Kekayan Elon Musk Tahun ini merosot US$64,5 Miliar ataau kisaran Rp962,6 triliun (asumsi kurs Rp14.700 per dolar A). Total Kekayaan Elon Musk Tahun ini adalah US$206,8 miliar atau Rp3 kuadriliun

2. Jeff Bezos

Dikenal Sebagai pemilik Amazon, Jeff Bezos menjadi orang terkaya nomor dua di dunia. Selain Amazon, Jeff Bezos juga memiliki perusahaan yang bergerak di bidang kapal ruang Angkasa, BlueOrigin.

Berdasarkan Bloomberg Billionares Index, Kekayan Jeff Bezos Tahun ini merosot US$62,9 miliar atau Rp938 triliun. Saat ini, Jeff Bezos memiliki Kekayaan bersih kisaran US$129 miliar atau Rp1,9 kuadriliun.

3. Bernard Arnault

Bernard Arnault merupakan CEO dari grup fesyen ternama Louis Vuitton-Moët Hennessy (LVMH). LVMH sendiri merupakan induk dari merek seperti Louis Vuitton, Givenchy, dan Christian Dior. Ia didapuk sebagai orang terkaya nomor tiga di dunia.

Berdasarkan Bloomberg Billionares Index Kekayan Arnault Tahun ini merosot US$55,8 miliar atau Rp832 triliun. Saat ini, Arnault memiliki Kekayaan bersih kisaran US$122 Miliar atau Rp1,8 kuardiliun.

4. Bill Gates

Blil Gates seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis asal Amerika Serikat. Ia adalah pemilik perusahaan teknologi Microsoft yang ia dirikan bersama Paul Allen. Bill juga pernah didapuk sebagai orang terkaya di dunia pada 2017 lalu.

Berdasarkan Bloomberg Billionares Index, Kekayan Gates Tahun ini merosot US$26,3 Miliar atau Rp392,5. Saat ini, Gates memiliki Kekayaan bersih kisaran US$112 miliar Rp1,6 kuadriliun.

Dengan Total harta yang Ia miliki, kini Bill Gates menempati posisi sebagai orang terkaya nomor empat di dunia.

5. Warren Buffet

Warren Buffet adalah seorang investor, pengusaha, dan filantropis asal Amerika Serikat. Buffett adalah komisaris, direktur utama, dan sekaligus pemegang saham terbesar di Berkshire Hathaway.

Buffett sering disebut "Wizard of Omaha" (Penyihir dari Omaha) atau "Oracle of Omaha" (Peramal dari Omaha), dan dikenal karena kesetiaannya pada metode investasi value investing, dan untuk gaya hidupnya yang frugal meskipun memiliki kekayaan yang begitu besar.

Berdasarkan Bloomberg Billionares Index, Kekayan Buffet Tahun ini merosot US$15,6 Miliar atau Rp232,8 triliun. Saat ini, Gates memiliki Kekayaan bersih kisaran US$98,1 Miliar atau Rp1,4 kuadriliun.

Dengan Total harta yang Ia miliki, kini Bill Gates menempati posisi sebagai orang terkaya nomor delapan di dunia.

6. Mark Zuckerberg

Mark merupakan pemilik Meta sekaligus pendiri jejaring sosial Facebook. Belakangan ini, Mark sangat terobsesi dengan dunia digital yang disebut sebagai metaverse.

Berdasarkan Bloomberg Billionares Index, Kekayan Mark Tahun ini merosot US$64,6 Miliar atau kisaran Rp964,4 triliun. Saat ini, Mark memiliki Kekayaan bersih kisaran US$60,9 Miliar atau kisaran Rp908,9 triliun.

Dengan Total harta yang Ia miliki, kini Mark tak lagi memasuki jajaran 10 besar orang terkaya dunia. Kini ia turun ke peringkat 17 orang terkaya dunia.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rizky C. Septania pada 20 Jun 2022

Bagikan

RELATED NEWS