Kembangkan Kampung Lele, Pacitan Belajar ke Boyolali

Amirudin Zuhri - Rabu, 08 Desember 2021 10:17 WIB
Studi tiru ke Pokdakan Mina Karya Utama di Dusun Mangkubumen, Desa Tegalrejo, Kabupaten Boyolali (Instagram Pemkab Pacitan)

PACITAN-Untuk mengembangkan usaha ikan lele, Dinas Perikanan Kabupaten Pacitan mengajak mengajak Pokdakan Mina Wedana Desa Glinggangan Kecamatan Pringkuku untuk melakukan studi tiru ke Dusun Mangkubumen, Desa Tegalrejo, Kabupaten Boyolali, tepatnya di Pokdakan Mina Karya Utama.

Pokdakan Mina Karya Utama ini dipilih sebagai percontohan, karena kelompok ini telah berhasil mendirikan kampung lele yang maju di lokasi tersebut. Kampung lele semacam ini juga berdiri di Desa Glinggangan, diresmikan oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji beberapa waktu lalu.

Kampung lele semacam ini didirikan untuk meningkatkan produksi lele serta meningkatkan perekonomian pada sektor unggulan, yakni perikanan.

“Acara semacam ini sering dilaksanakan bersama Pokdakan di wilayah Kabupaten Pacitan, dengan tujuan menambah pengetahuan dan memberikan pelatihan kepada masyarakat,” kata Dewi Andriyani, Kepala Bidang Budidaya Disperikan Pacitan Senin 6 Desember 2021.

Pihaknya juga menambahkan, sebagai tindak lanjut kegiatan ini Disperikan Kabupaten Pacitan akan menyerahkan bantuan sebuah terpal, ribuan ekor benih lele, dan 7 karung pakan lele kepada Pokdakan Mina Wedana.

“Pemberian bantuan ini diharapkan menjadi pelucut semangat, agar Pokdakan Mina Wedana semakin berkembang dalam membudidayakan lele, sehingga kampung lele di Desa Glinggangan ini semakin maju dan produktif,” kata Dewi.

RELATED NEWS