Keren! Soto Ayam Masuk Daftar 20 Sup Terbaik di Dunia

SP -01 Maret 2021 00:03 WIB,
Soto Ayam Pacitan (sumber: halopacitan/istimewa)

Siapa sangka soto,  makanan berkuah asal Indonesia, menjadi salah satu sup terbaik di dunia. Sup adalah masakah berkuah dari kaldu yang dibuat dengan cara mendidihkan bahan. Sup disajikan dengan mengkolaborasikan sayuran, ayam atau daging serta kacang-kacangan.

"Sup memiliki akar yang sangat kuno. Orang-orang dahulu terbiasa merebus segala sesuatu mulai dari cangkang kura-kura hingga bambu dalam sup," tulis Clarkson yang dilansir dari CNN.

Dahulu kala, sajian yang direbus mendidih memungkinkan manusia untuk bertahan hidup. Di masa kini, sup kerap jadi makanan pilihan saat cuaca dingin karena dinilai menghangatkan tubuh yang kedinginan.

"Saya pikir, di setiap negara di dunia, secara historis, beberapa sup dipandang sebagai upaya restoratif untuk tubuh. Clarkson sendiri telah mempelajari sup secara etimologi sejak lama. Namun, dengan sederhananya, dia mendefinisikan sup sebagai masakan yang dimasak dengan air yang mengeluarkan aroma sebagai bagian penting dari hidangan”, katanya.

Soto ayam asal Indonesia berdasarkan data

CNN terbaru masuk daftar 20 sup terbaik di dunia seperti dilansir dari kompas.com. CNN menulis bahwa soto ayam mencapai puncak popularitasnya sebagai masakan Indonesia yang mengasyikkan.

"Rempah-rempah seperti kunyit, adas, kayu manis, serai, dan daun jeruk berpadu untuk menghasilkan aroma dan rasa yang sangat berlapis, dengan tambahan potongan telur rebus untuk menambah kekayaan rasa," tulis CNN.

Bukan hanya di Indonesia, soto ayam Indonesia berdasarkan data CNN juga disukai di Singapura, Malaysia, dan Suriname. Berdasarkan fakta sejarah resep soto ayam dibawa bersama dengan kedatangan para imigran dari Jawa.

Bagikan:

RELATED NEWS