Keren, Tim Robotika ITS Raih 8 Penghargaan Pada Kontes Robot Indonesia (KRI) Wilayah II, Simak Hasil Pertandingan Selengkapnya

Rahmat Deny - Kamis, 30 September 2021 16:13 WIB
Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid mengacu pada divisi KidSize RoboCup Soccer Humanoid League. Tema KRSBI 2021 adalah “Liga Sepakbola Robot Humanoid menuju tahun 2050”. Aturan kontes KRSBI Daring mengadopsi dari RoboCup Soccer Humanoid League Technical Challenge

Kontes Robot Indonesia (KRI) Wilayah II telah usai digelar. KRI Wilayah II yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dilaksanakan 26-29 September 2021 secara daring. im Robotika ITS sukses menyabet delapan penghargaan sekaligus dalam enam kategori robot yang dilombakan.

Seperti diketahui ada enam kategori robot yang dilombakan pada KRI 2021, yaitu KRAI, Kontes Robot Search and Rescue Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, KRSBI Beroda, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Adapun delapan penghargaan yang diraih Tim Robotika ITS, yakni:

  • Juara 1 KRAI oleh tim RIOT ITS,
  • Juara 1 KRSTI oleh tim Vi-Ros ITS,
  • Juara 1 Lomba Menggiring Bola (LMB) KRSBI Humanoid oleh tim ICHIRO ITS,
  • Juara 1 LKR KRSBI Humanoid oleh tim ICHIRO ITS,
  • Juara 1 KRSBI Humanoid oleh tim ICHIRO ITS.
  • tim IRIS ITS memperoleh Juara 2 KRSBI Beroda,
  • tim Rival ITS Juara 3 KRTMI.
  • Penghargaan Strategi Terbaik KRAI juga diboyong oleh tim RIOT ITS.

Muhtadin ST MT selaku Pembina tim ICHIRO ITS menyampaikan bahwa tim Robotika ITS telah mempersiapkan robot sejak dua bulan sebelumnya. Pada tahun ini, ada beberapa kategori yang menerapkan aturan permainan yang baru. Misalnya pada KRAI, KRTMI, dan KRSRI.

“Pada ketiga kategori tersebut, kami harus membuat robot dari awal, dengan melakukan percobaan sesering mungkin untuk mendapatkan performa yang optimal,” ungkapnya seperti dilansir dari kominfo.jatimprov.go.id Kamis (30/9/2021).



Selanjutnya, dengan keberhasilan yang diraih di Wilayah II ini, Tim Robotika ITS berhak untuk berlaga dalam ajang KRI tingkat nasional yang diselenggarakan pada akhir September hingga pertengahan Oktober.

Untuk tanggal 29 September - 1 Oktober 2021 dilombakan kategori Kontes Robot ABU Indonesia KRAI, sedang kategori lainnya pada 12 – 17 Oktober mendatang dengan panitia dari Universitas Gadjah Mada (UGM).


Tim Robotika ITS tidak lantas berpuas diri. Pada KRI tingkat nasional, tim akan berupaya memperbaiki performa robot berdasarkan hasil dari KRI Wilayah II.

“Walaupun beberapa robot kami sudah bekerja dengan baik dan mendapatkan beberapa penghargaan, namun kami melihat performanya belum maksimal, sehingga kami akan bekerja keras untuk memaksimalkan potensi kemampuan robot yang kami miliki,” urainya.

Muhtadin yang juga dosen Teknik Komputer, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) ITS ini berharap tim bisa maksimal dalam mengoptimasi robot ITS. Selain itu, ia juga sangat berharap dukungan dari sivitas akademika ITS baik material maupun doa, agar tim Robotika ITS bisa mempersiapkan robot dengan baik dan mendapatkan prestasi terbaik di KRI tingkat nasional.

“Semoga dengan ini kami bisa mempertahankan Juara Umum KRI tingkat Nasional empat kali berturut-turut pada tahun ini,” tandasnya.

Dikutip dari kontesrobotindonesia.id, berikut hasil pertandingan KRI Wilayah I dan Wilayah II:

Hasil pertandingan KRI Wilayah I yang diselenggarakan pada 22 -25 September 2021

sumber : kontesrobotindonesia.id

Hasil pertandingan KRI Wilayah II yang diselenggarakan pada 26 -29 September 2021

sumber : kontesrobotindonesia.id
Editor: SP

RELATED NEWS