Khawatir Ada Kamera Pengintai Tersembunyi di Hotel? Begini Cara Mencarinya

Amirudin Zuhri - Rabu, 29 Juni 2022 11:11 WIB
Waspada Kamera Tersembunyi di Hotel tempat Staycation, Ini Cara Menemukannya!

JAKARTA- Keberadaan kamera tersembunyi atau kamera pengintai seringkali ditemukan di sejumlah tempat penginapan seperti hotel.

Selain mengancam keselamatan, kamera tersembunyi di penginapan juga meresahkan dan menggangu privasi sang penyewa kamar.

Terlebih, jika rekaman yang terdapat pada kamera tersembunyi jatuh ke tangan orang tak bertanggung jawab dan beredar luas.

CEO perusahaan intelijen Global Threat Solutions, Kenneth Bombace memberi sejumlah tips untuk mengetahui dan menemukan kamera tersembunyi pada penginapan. Berikut metode sederhana yang bisa Anda lakukan:

1. Lakukan pencarian fisik

Lakukan pencarian fisik di sejumlah titik yang ada di dalam hotel. Mulailah dengan area seperti kamar mandi dan kamar tidur.

Selain itu, biasanya kamera tersembunyi diletakkan di sejumlah perangkat rumah tangga seperti lampu, termostat, dan radio jam yang terpasang. Perangkat-perangkat tersebut kebanyakan juga terhubung dengan perangkat listrik.

Untuk itu, cabutlah radio jam dan perangkat tak penting lainnya yang tersambung pada listrik. Kemudian, letakkan perangkat tersebut di dalam laci.

Tambahan informasi, sejumlah kamera tersembunyi memiliki cermin reflektif yang berasal dari lensa. Anda bisa menggunakan senter untuk menyinari ruangan yang Anda curigai memiliki kamera tersembunyi.

Jika benar ada kamera tersembunyi, Anda akan melihat pantulan cahaya di titik yang terkena sinar.

2. Periksa jaringan Wi-Fi

Kamera pengintai biasanya harus terhubung ke jaringan Wi-Fi lokal agar dapat dilihat dari jarak jauh. Aplikasi pemindaian Wi-Fi seperti Fing dapat mengidentifikasi perangkat di jaringan yang merupakan kamera.

Perlu diketahui, mereka yang menyembunyikan kamera mungkin menggunakan jaringan Wi-Fi terpisah untuk melakukan streaming rekaman video langsung. Namun aplikasi pemindaian Wi-Fi juga dapat mendeteksi berapa banyak jaringan yang ada di tempat tinggal.

3. Beli detektor kamera mata-mata

Memiliki bantuan lebih canggih seperti detektor kamera mata-mata juga menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah hotel tempat menginap terdapat kamera tersembunyi atau tidak.

Sebagai informasi, detektor kamera mata-mata dapat memindai frekuensi radio yang terhubung ke kamera tersembunyi. Tapi perlu diketahui, metode ini hanya berfungsi jika kamera tersembunyi mentransmisikan data.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rizky C. Septania pada 28 Jun 2022

Bagikan

RELATED NEWS