Kian Modis, Mari Bandingkan Penampilan Para Jagoan Dulu dan Sekarang

Amirudin Zuhri - Kamis, 12 Mei 2022 10:19 WIB

JAKARTA-Para jagoan super atau Superhero ini ada sejak lama. Mereka hidup dari generasi ke generasi. Kakek dan cucunya, mungkin memiliki idola yang sama. Entah itu Superman, Captain Amerika atau Catwoman.

Para pahlawan ini juga tampil sesuai zamannya. Jika di hari-hari awal mereka di layar televise tampil dengan kostum cerah, penuh warna, dan mudah dikenali, kini para jagoan tersebut telah berubah menjadi versi yang lebih keren, lebih gelap, dan lebih seksi. Bahkan beberapa dari mereka benar-benar berbeda dari penampilannya di masa lalu.

Mari kita lihat beberapa super hero dan lihat seberapa drastis perubahan kostum mereka.

Superman tahun 1978 dan 2013

Superman

Superman adalah ikon mutlak superhero. Setelan berwarna cerahnya secara akurat diadopsi dari buku komik ke layar lebar dalam film Superman 1978, yang dibintangi Christopher Reeve. Sementara film Man of Steel tahun 2013 menjauhi tradisi, dengan Henry Cavill memakai versi setelan yang jauh lebih gelap. Jubah merah dan triko biru tua memberi Superman tampilan yang jauh lebih kuat dan berotot. Untuk menjaga kesan ramping, dia meninggalkan celana dalam berwarna merah cerah.

Batman tahun 1960-an dan 2016

Batman

Sebagai superhero main hakim sendiri, Batman menguntit malam untuk mencari musuh. Ketika dia berhadapan muka dengan lawannya, dia dimaksudkan untuk menakuti mereka. Meskipun ikonik, Batman tahun 60-an yang diperankan Adam West tidak terlalu menakutkan. Dengan tampilan yang mirip secara keseluruhan dengan Superman, Batman ini mengenakan sabuk berwarna kuning dan jubah runcing bergigi yang akan memungkinkan Anda untuk melihatnya datang pada Anda dari jarak satu mil.

Versi Batman yang lebih baru mengambil giliran yang jauh lebih gelap, seperti kostum Ben Affleck di Batman v Superman 2016: Dawn of Justice. Seperti Kota Gotham, kesatria gelap ini berpakaian abu-abu dan hitam dari ujung kepala hingga ujung kaki. Setelan itu menampilkan tubuh berotot.

Wonder Woman dari tahun 1970-an dan 2017

Wonder Woman

Semua orang tahu Wonder Woman tahun 1970-an karya Lynda Carter. Dia mengenakan bustier merah dan emas dengan celana pendek bintang-spangled dan sepatu bot hak tinggi merah. Senjata pilihannya - sebuah laso - tergantung di pinggangnya dan borgol dari baja berfungsi sebagai pelindungnya.

Gal Gadot di Wonder Woman 2017 menampilkan kombo rok-bustier metalik. Banyak aspek yang tetap sama seperti ikat kepalanya, elang di bagian atas bustiernya, dan sepatu hak tingginya. Namun dengan tampilan yang lebih halus, Wonder Woman ini tampak jauh lebih “all-American” dibandingkan pendahulunya. Bustiernya juga tidak terlihat seperti mencekiknya.

Captain America pada tahun 1979, kiri, dan 2011

Captain America

Perbedaan antara Captain America benar-benar gila. Versi 1979 lebih mirip Eddie the Eagle daripada Captain America. Dipadatkan dalam setelan spandex penuh, Reb Brown dilengkapi dengan helm sepeda motor dan sarung tangan untuk benar-benar menyatukan seluruh tampilan. Benar-benar tidak terlihat seperti jagoan yang menyelamatkan hidup orang banyak.

Namun, Chris Evans di Captain America 2011: The First Avenger benar-benar menampilkan nuansa lain.. Berpakaian seperti seorang prajurit militer dan memakai warna merah, putih, dan biru Amerika, Captain America ini terlihat siap untuk berperang. Dia dilengkapi dengan sabuk utilitas dan perisai baja untuk menambah sangar penampilannya.

Spider-man dari tahun 1970-an dan 2016

Spider-man

Tampilan keseluruhan Spider-Man tidak terlalu banyak berubah. Bajunya masih berwarna merah, dengan detail anyaman pada baju itu masih ada. Wajahnya tetap ditutupi dengan hanya garis di bagian mata. Namun, serial TV 1970-an The Amazing Spider-Man membuat superhero ini terlihat murahan dan mendasar.

Ini sangat berbeda dari Captain America: Civil War Spider-Man 2016 yang terlihat ramping, diperbarui, dan siap untuk digantung dari gedung ke gedung.

Catwoman tahun 1960-an dan 2012

Catwoman

Pakaian Catwoman Julie Newmar dari tahun 1960-an tentu saja sederhana dan dibuat seperti untuk kostum Halloween. Telinga kucing, kalung chunky, dan eyeliner bersayap membuatnya terlihat lebih seperti kucing manja daripada superhero. Tetapi dia memang terlihat licin dan mulus dalam balutan one-piece hitamnya yang gemerlap.

Di tahun 2012 Catwoman yang diperankan Anne Hathaway terlihat lebih garang dan siap melawan kejahatan bersama Batman di The Dark Knight Rises. Meskipun dia menggunakan banyak fitur yang sama seperti adaptasi sebelumnya, versi Catwoman ini siap untuk keluar masuk kostumnya dan dilengkapi dengan sabuk utilitasnya sendiri untuk tetap siap menghadapi apa pun. Masker matanya membedakannya dan membuatnya tidak dapat dikenali.

Bagikan

RELATED NEWS