Kick Off Vaksinasi Booster Pacitan, 2.000 Lebih Jadi Sasaran Hari Pertama

Amirudin Zuhri - Senin, 17 Januari 2022 17:58 WIB
Kick off vaksin booster di Pacitan (ist)

PACITAN-Sebanyak 2.029 orang menjadi sasaran hari pertama pemberian vaksin booster di Pacitan yang mulai dilakukan Senin (17/01/2022). Gelombang pertama akan dilakukan hingga 21 Januari 2022 dengan total target sebanyak 16.354 orang.

Kick off vaksin booster dilakukan serempak di 10 tempat di Pacitan. Salah satuna di Gedung Karya Dharma. Ribuan calon penerima vaksin yang sudah memenuhi syarat akan menerima vaksin dosis ketiga ini secara serentak pada sejumlah lokasi berbeda.

Wakil Bupati Pacitan Gagarin dalam kesempatan itu mengatakan, pelaksanaan vaksinasi booster bertujuan untuk mencegah sakit berat dan kematian yang terinfeksi covid 19. Selain itu juga untuk mencegah penularan pada anggota keluarga yang belum tervaksinasi atau punya resiko terinfeksi serta mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok.

“Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemauan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat,” kata Gagarin.

Meski status level Kabupaten Pacitan sudah berada di level satu namun Wabup Gagarin minta masyarakat tidak lengah dengan tetap menjaga protokol kesehatan, karena covid-19 belum usai. Mantan legislator itu juga mengingatkan masyarakat tidak lengah terhadap penyakit-penyakit yang lain semisal DBD maupun cikungunya yang saat ini marak.

Sementara, menurut Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Hendra Purwaka sasaran vaksinasi booster adalah usia diatas 18 tahun dan sudah mendapat dosis 2 minimal 6 bulan yang lalu.

RELATED NEWS