Kodim 0801/Pacitan Gembleng Siswa dengan Wawasan Kebangsaan

Dias Lusiamala - Kamis, 21 Juli 2022 12:27 WIB
Serda Dofi saat memberi materi wawasan kebangsaan (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN- Untuk menanamkan rasa bela negara di lingkungan pendidikan, anggota Kodim 0801/Pacitan Serda Dofi memberikan materi wawasan kebangsaan kepada siswa siswi kelas 10 di SMA 1 Pacitan Jl. Letjen Suprapto no. 49 Kabupaten Pacitan.

Pada kesempatan ini anggota Kodim 0801/Pacitan ini menjelaskan tentang bela negara yang merupakan sikap dan perilaku setiap warga negara, harus memiliki kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Dalam Bela Negara, terdapat 5 nilai dasar yang terkandung didalamnya, yakni cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, meyakini Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan dalam bela negara,” kata Serda Dofi, saat dihubungi Rabu (20/7/2022).

Serda Dofi berharap melalui pembekalan wawasan kebangsaan ini berharap agar para pelajar merasa memiliki dan terpanggil untuk bela negara, serta terbentuk karakter pribadi yang kokoh demi mengabdikan diri terhadap bangsa dan negara.

Kepala sekolah SMA 1 Pacitan, Adi Supratikto S,Pd., M.Pd., menyampaikan terimakasih atas pembekalan yang diberikan kepada para pelajar. Harapanya apa yang telah diberikan, dapat memotivasi semangat belajar dan juga sebagai bekal kepada para siswa.

"Pemahaman tentang wawasan kebangsaan sangat penting bagi para pelajar, agar dapat mengerti dan menghargai tentang nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan,” kata Adi Supraktikno.

RELATED NEWS