Kontes Robot Indonesia (KRI) Wilayah I Selesai Digelar, Yuk Simak Hasil Pertandingannya

Rahmat Deny - Selasa, 28 September 2021 14:37 WIB
Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI)

Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Puspresnas Kemdibud Ristek) menggelar ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Wilayah secara daring mulai 22 September hingga 1 Oktober 2021 dengan UGM sebagai tuan rumah penyelenggara. Sebanyak 278 tim robot dari 107 perguruan tinggi di Indonesia berkompetisi dalam ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Wilayah ini.

KRI Wilayah dikelompokkan dalam dua bagian yakni KRI Wilayah I dan KRI Wilayah II. Dalam KRI Wilayah I diikuti 140 tim mahasiswa dari 54 perguruan tinggi di wilayah Indonesia bagian Barat. Lalu, KRI Wilayah II diikuti 138 tim mahasiswa dari 53 perguruan tinggi di wilayah Indonesia bagian Timur.

Dilansir dari kontesrobotindonesia.id, kegiatan KRI 2021 terdiri dari 6 (enam) divisi yang seluruhnya diselenggarakan secara daring, yaitu:

1. Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI);

Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) 2021 mengacu pada ABU Asia-Pacific Robot Contest 2021 Online, SDRT China. Tema KRAI 2021 sesuai dengan tema ABU Robocon 2021, yaitu "Throwing Arrows Into Pots - The ABU Robocon 20th Anniversary Game"

2. Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) - dahulu adalah divisi KRPAI;

Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) merupakan transformasi dari Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI). KRSRI menekankan pada misi pencarian dan penyelamatan bencana yang umum terjadi di Indonesia. KRSRI 2021 mengadopsi robot berkaki yang digunakan pada KRPAI.

3. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda;

Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda mengacu pada divisi Middle Size League (MSL) RoboCup Soccer League. Tema KRSBI 2021 adalah “Sepak Bola Robot Menuju Liga Sepakbola Robot Tahun 2050”. Aturan kontes KRSBI Daring mengadopsi aturan Middle Size Robot League Rules and Regulations Technical Challenge

4. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia(KRSBI) Humanoid;

Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid mengacu pada divisi KidSize RoboCup Soccer Humanoid League. Tema KRSBI 2021 adalah “Liga Sepakbola Robot Humanoid menuju tahun 2050”. Aturan kontes KRSBI Daring mengadopsi dari RoboCup Soccer Humanoid League Technical Challenge

5. Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI);

Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) menampilkan robot humanoid yang dapat menari berdasarkan gerakan seni tari dan budaya bangsa di Indonesia. Robot menari dengan diiringi musik melakukan gerakan wajib sesuai dengan tema “Robot Penari Gambyong Pareanom”

6. Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) adalah divisi baru yang diperkenalkan pada KRI 2019. KRTMI 2021 dimainkan permainan tradisional Dam-daman, yang diterapkan dengan mengadopsi teknologi Digital-Twin. Permainan antara dua tim yang menggerakan robot di lapangan phisik untuk memindahkan koin di lapangan digital.

KRI Wilayah I telah selesai digelar, yaitu dari 22-25 September 2021, sedangkan KRI Wilayah II dilaksanakan mulai 26-29 September 2021.

Berikut hasil pertandingan dari Kontes Robot Indonesia Wilayah I:

susmber: kontesrobotindonesia.id

Editor: SP

RELATED NEWS