Lima dari Enam Titik Jalan yang Rusak Akibat Hujan Telah Diperbaiki

Amirudin Zuhri - Selasa, 11 Januari 2022 10:21 WIB
Jembatan Cangkrik yang rusak karena banjir (BPBD)

PACITAN-Hujan dengan intensitas tinggi dan terus-menerus selama beberapa waktu yang lalu mengakibatkan sejumlah ruas jalan dan jembatan di Kabupaten Pacitan mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut meliputi badan jalan ambles dan oprit jembatan (jalan pendekat) ambrol.

Sebanyak ena, titik lokasi kerusakan yang ditangani Dinas PUPR Kabupaten Pacitan yaitu, ruas jalan Sukorejo Klepu, ruas jalan Kluwih – Cokrokembang, ruas jalan Klesem Pantai, ruas jalan Sempu – Ngromo, ruas jalan Donorojo – Batas Jateng dan Jembatan Cangkring.

“Karena penanganan kerusakan ruas jalan akibat bencana bersifat darurat, cepat dan tepat, maka dipilih konstruksi bronjong. Kontruksi bronjong lebih aman dari pada pasangan batu, apabila ada pergerakan tanah susulan. Selain itu pengerjaan lebih cepat dan biaya yang dibutuhkan lebih murah,” tegas Erna Puspito Pejabat Fungsional Teknik Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga.

Sedangkan penanganan Jembatan Cangkring menggunakan pasangan batu untuk mengembalikan fungsi oprit jembatan dan konstruksi bronjong untuk melindungi oprit jembatan. “Progres pekerjaan 5 titik sudah 100%, sedangkan ruas Klesem - Pantai masih dalam proses pengerjaan”, tambahnya.

RELATED NEWS