Lomba Gerak Jalan Tetap Abadi

Dias Lusiamala - Kamis, 11 Agustus 2022 11:34 WIB
Lomba gerak jalan peringatan HUT RI di Pacitan (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN– Setelah sekitar 2 tahun vakum tanpa acara pada peringatan hari kemerdekaan, kini Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan gelar sejumlah kegiatan. Salah satu lomba gerak jalan.Kegiatan yang sudah ada sejak puluhan tahun.

Lomba gerak jalan ini diikuti para pelajar di Kecamatan Pacitan dan dilaksanakan Rabu 10 Agustus 202.

Di sepanjang kawasan alun-alun Pacitan sejak pukul 08.00 WIB telah dipadati ribuan peserta lomba gerak jalan, ikut pula para wali murid dan guru untuk menyaksikan dan memberikan semangat kepada anak-anak didiknya.

Rute yang dimulai dari depan Pendopo Kabupaten, lomba gerak jalan ini diikuti oleh 114 satuan pendidikan dari tingkat SD, MI, SMP dan MTs se-Kecamatan Pacitan, dengan jarak tempuh sekitar 3.5 kilometer. Finishnya berada di depan tribun Alun-alun Pacitan.

Budiyanto mengatakan bahwa ini merupakan sebuah momentum kembalinya aktivitas-aktivitas bagi para pelajar untuk menyambut hari kemerdekaan. Kegiatan ini pun disambut baik sekolah-sekolah yang sebelumnya sempat vakum selama dua tahun.

"Ini awal kegiatan setelah dua tahun tidak mengadakan peringatan tujuh belasan, alhamdulillah disambut baik oleh para anak didik sehingga menjadi momentum terbaik dalam rangka membangkitkan semangat belajar," kata Budi, Rabu (10/8/2022).

Diluar prediksi, ternyata antusiasme para pelajat begitu memgebu-gebu saat lomba gerak jalan kembali digelar. Budi menyampaikan apresiasi positif atas antusias para pelajar yang sudah ikut berpartisipasi menyemarakkan peringatan HUT ke-77 RI di Kabupaten Pacitan.

"Selain mengutamakan ketepatan waktu, lomba gerak jalan ini tentunya juga mampu menanamkan semangat kedisiplinan dan kekompakan kepada anak-anak kita, serta nantinya akan berdampak positif kepada aktivitas sehari-hari dan prestasi belajar," Kata Budi.

Harapannya dengan terselenggaranya kegiatan semacam ini, akan tumbuh jiwa kepemimpinan, kerjasama dan tanggungjawab para pelajar terbentuk dengan baik sejak di bangku sekolah.

"Paling penting mampu tertanam nilai dasar patriotisme dan nasionalisme para siswa," Tambah Budiyanto.

Juara yang akan diperebutkan tingkat SD/MI adalah juara 1, 2, 3 terbaik, harapan 1 dan dua baik putra maupun putri, sedangkan SMP/MTS hanya juara 1, 2 dan 3.

Tags HUT RIBagikan

RELATED NEWS