Maharani Club Bawa Zumba Keliling Pacitan

Dias Lusiamala - Selasa, 12 April 2022 14:07 WIB
Maharani Club (Ist)

PACITAN-Gaya hidup sehat saat ini mulai digalakkan oleh pemerintah lewat jargon Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

Ada banyak opsi atau cara dalam memulainya. Yang pertama bisa mengatur pola makan yang sehat, kedua bisa melakukan kegiatan olahraga. Di Pacitan ada komunitas ibu-ibu yang aktif mengadakan olahraga senam bersama. Jenis senam yang dipilih adalah zumba.

Zumba merupakan gabungan senam aerobik dan dance dengan ritme cepat diiring musik modern. Senam zumba masuk dalam kategori olahraga kardiovaskuler, karena lebih cepat membakar lemak. Olahraga ini membutuhkan fisik dan daya tahan yang harus kuat.

Maharani Club merupakan salah satu komunitas zumba yang aktif melakukan senam zumba keliling. Berlokasi di RT 03 RW 02 Dusun Kradenan, Bangunsari, Pacitan, Maharani club menjadi tempat senam zumba yang didominasi oleh ibu-ibu. Triweni Ratna Pamilih adalah pemilik lokasi sekaligus inisiator terbentuknya Maharani Club. Di Pacitan sendiri olahraga senam zumba, belum sepopuler di daerah lain.

“Belum banyak orang yang tau dan ini masih dalam proses sosialisasi. Saya ikut pelatihan, kalau mau jadu instruktur atau kalau didunia zumba itu sebutannya Zin. Perlu ikut pelatihan selama 3 hari, setiap se- bulan sekali. Nah ini kita dapat materi baru. Kalau di zumba karna pakai musik modern, jadi setiap bulannya ada pembaruan gerak dan musik. Ngga murah juga kalau mau ikut pelatihan juga perlu komitmen,” kata Triweni Senin (11/04/2022)

Triweni yang memiliki kemampuan basic dibidang seni tari, adalah karakter orang yang aktif tidak bisa diam, akhirnya Triweni ketemulah dengan olahraga zumba. Berativitasnya dapat, olahraganya pun juga dapet sehat.

"Saya jatuh hati, saya pelajari, dalami dan itu perlu komitmen. Saya yakin nanti kedepannya pasti ada kebaikannya ntah itu minimal bagi saya sendiri atau orang lain pada maharani club ini. Yaa alhamdulillah, bersama sanggar tari maharani ini sekarang jadi berkembang juga ke kelas zumba. Saya mengadakan kelas sore dan malam bagi siapapun yg mau ikut. Rata-rata yg ikut itu dari kalangan ibu-ibu." ,terang Triweni

Triweni bersama kelompok grup senam zumba maharani club mendorong masyarakat yang ingin sehat bersama untuk bergabung. Meski pun tidak mudah, karena yg terus ikut pelatihan rutin setiap bulan hanya tinggal beberapa ibu-ibu (sekitar puluhan ibu-ibu).

“Mungkin ada ibu-ibu yang kurang pede dalam latihan, karena belum terbiasa denga ritmenya. Selain itu, Ketika ada event kita ajak sekaligus mengenalkan zumba terhadap masyarakat. Alhamdulillah, antusiasnya baik.,” katanya.

RELATED NEWS