IMG-LOGO
Home Halo Warga Manfaatkan Manasik H...

Manfaatkan Manasik Haji, Puluhan Pedagang Luar Daerah Serbu Pacitan

- Sabtu, 14 Juli 2018 pukul 04.21
Para pedagang perlengkapan haji dan umrah di depan Gedung Karya Darma Kabupaten Pacitan, Sabtu (14/07/2018) Para pedagang perlengkapan haji dan umrah di depan Gedung Karya Darma Kabupaten Pacitan, Sabtu (14/07/2018) (sumber: Halopacitan/Sigit Dedy Wijaya)

Halopacitan, Pacitan—Bertempat di Gedung Karya Darma Kabupaten Pacitan, Sabtu (14/07/2018) pada pedagang membuka lapak dan membawa berbagai barang dagangan kebutuhan untuk calon jemaah haji.

Dagangan yang dijual pun bermacam-macam seperti songkok, sandal, ikat pinggang, baju muslim baik untuk laki-laki maupun untuk perempuan, minyak wangi, kaos kaki, celana, ikat pinggang, kurma hingga penukaran uang real.

"Selalu menjalin kerja sama dengan Kemenag, jadi setiap ada kegiatan atau event dari Kemenag di manapun kami juga selalu dihubungi, kadang para pedagang lainnya juga memberi tahu," kata Fatimah Diah, salah satu pedagang dari Solo

Sementara Istiqomah (47), pedagang lainnya dari Solo mengatakan berangkat dari solo pukul 00.30 WIB dan sampai Pacitan pukul 03.00 WIB pagi. Musim haji tahun ini menurutnya berbeda dengan musim haji sebelumnya.

"Masih ramai tahun lalu, karena pada musim haji tahun lalu dagangan yang terjual juga banyak. Kemungkinan karena jemaahnya sedikit, jadi selama musim haji tahun ini penjualan kurang begitu ramai ditambah banyaknya pedagang," ujarnya

Dia menambahkan kalau daya beli masyarakat Pacitan berbeda dengan daerah lain," Sudah dua tahun jualan di Pacitan, awalnya kata temen-temen pedagang peminatnya banyak di Pacitan, tapi selama selama jualan di sini peminatnya biasa-biasa saja, berbeda dengan daerah lain seperti di Sukoharjo, Wonogiri, dan lainnya," imbuhnya. (Sigit Dedy Wijaya)