Masjid Alit, Memboyong Keagungan Nabawi ke Dusun Bandulan

Amirudin Zuhri - Jumat, 07 Januari 2022 13:23 WIB
Masjid Alit di Dusun Bandulan, Desa Ploso, Kecamatan Punung  (Danang/Halopacitan)

PACITAN-Dusun Bandulan, Desa Ploso, Kecamatan Punung berada wilayah barat Kabupaten Pacitan. Wilayah pedesaan ini berada perbatasan dua Kecamatan, Punung dan Donorojo. Tetapi siapa sangka di tengah tenangnya kehidupan pedesaan, sebuah masjid megah berdiri.

Foto:Danang/Halopacitan

Masjid tersebut diberi nama Alit. Tidak diragukan, masjid tersebut sangat mirip dengan kompleks Masjid Nabawi. Baik dari sisi struktur bangunan hingga pernak-perniknya. Lantai batu marmer menjadikan suasana terasa sejuk.

Foto:Danang/Halopacitan

Di halaman masjid pun ditutupi payung berdiri kokoh menyangga langit seperti di Masjid Nabawi. Sehingga, saat orang shalat di halaman tak terkena terik matahari ditambah dengan adanya pohon kurma.

Foto:Danang/Halopacitan

Di pintu utamanya kaligrafi dan ukirannya yang berwarna keemasan terlihat megah. Dan ketika masuk ke ruang masjid. Langsung terasa kesejukan dan keindahan interiornya,

Foto:Danang/Halopacitan

Masjid ini dibangun sekitar tahun 2017 oleh Agus Sarmanto. Setelah melaksanakan haji dia ingin membangun masjid seperti Nabawi meski tentu saja lebih kecil dalam ukuran. Makanya masjid ini dinamkan Alit yang berarti kecil. Atau lebih kurang masjid ini adalah versi kecil dari Masjid Nabawi.

Foto:Danang/Halopacitan

Tak jarang, banyak orang yang berdatangan ke masjid tersebut untuk menikmati kemegahan dan keindahan, bahkan ada yang rela menginap.

RELATED NEWS