Masyarakat Harus Tahu, Sekolah Tatap Muka Baru Diperbolehkan Awal 2021, Izin Pemda dan Orang Tua Jadi Kunci

Halo Berita 21 Nov 2020, By Rahmat DS
Masyarakat Harus Tahu, Sekolah Tatap Muka Baru Diperbolehkan Awal 2021, Izin Pemda dan Orang Tua Jadi Kunci (halopacitan/istimewa)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim, melalui press conference secara daring, Jumat (20/11/2020) menyampaikan bahwa proses belajar tatap muka di sekolah memang sudah diperbolehkan, asalkan ada izin dari pemerintah daerah (Pemda) maupun perwakilan orang tua atau komite sekolah.

Hal yang perlu diketahui bahwa proses itu tidak diwajibkan, karena masih masa pandemi COVID-19. "Memang sudah diberikan izin ke Pemda bagi daerah yang sudah siap belajar tatap muka. Memang diperbolehkan, tapi, tidak diwajibkan, karena masih pandemi," ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim.

Orangtua pun berhak menentukan apakah anaknya diperbolehkan belajar tatap muka di Sekolah atau tidak. Ditegaskan oleh Menteri Pendidikan, apabila sekolah di masing-masing daerah sudah diberikan belajar tatap muka, maka harus mempersiapkan segala kesiapannya, agar pelaksanaannya bisa berjalan lancar dan baik. Lebih lanjut dikatakannya, bila daerah yang berada di zonasi risiko atau merah, maka tidak ada pemberian izin belajar tatap muka di Tahun Akademik 2020/2021.

Adapun sekolah yang sudah belajar tatap muka, harus diperhatikan, bahwa siswanya tidak diperbolehkan untuk kegiatan olahraga maupun ekstrakurikuler. Pasalnya, kegiatan seperti itu akan mengundang kerumunan, selain itu sekolah juga harus melakukan sistem sifting.

Pada prinsipnya kebijakan pendidikan di masa pandemi ini, memang masih mengutamakan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat. Bukan hanya sekedar memutuskan bisa belajar tatap muka atau tetap belajar dari rumah.

 "Anak-anak yang sudah belajar tatap muka, kalau sudah selesai belajar langsung pulang. Orangtua tidak boleh menunggu siswa di sekolah, istirahat di luar kelas, pertemuan orang tua dan murid, itu tidak di perbolehkan. Artinya belajar tatap buka bukan kembali ke sekolah seperti normal," pungkas dia.

undefined

SP