Memboyong Wayang Beber ke Pentas Sendratari

Dias Lusiamala - Kamis, 31 Maret 2022 12:25 WIB
Pentas sendratari Wayang Beber (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN-Wayang beber merupakan jenis wayang yang ditampilkan dalam lembaran-lembaran kain. Kain-kain itu berisikan gambar tentang kisah sebuah lakon yang kemudian dituturkan oleh sang dalang.

Pemerintah Jawa Timur sedang mencari cara bagaimana membangun ekosistem budaya. Wayang beber. Salah satunya dengan mengkolaborasikannya dengan sendra tari.

"Kami dari Jawa Timur mencoba untuk mendekati wayang beber supaya ada format lain dalam pertunjukan wayang beber, untuk bisa disajikan kecuali dengan model kertas yang dibeberkan diceritakan,” kata Sinarto S.Kar MM, Kepala Disparbud Jawa Timur saat pentas sendra tari Wayang Beber Rabu (30/03/2022) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Digarapnya pertunjukkam wayang beber dikolaborasikam dengan sendratari ini harapannya agar para wisatawan yang berkunjung ke Pacitan bisa menikmati wayang beber. Setelah berkeliling ke wisata alam Pacitan, selain berwisata kuliner nantinya wisatawan bisa melihat pertunjukkan wayang beber sebelum masuk ke hotel.

Halopacitan/Dias Lusiamala

Dalam pertunjukkan Sendratari Wayang Beber terlihat beberapa seniman dari Surabaya ikut terlibat dalam pertunjukkan kali ini. Menurut Sinarto, Khofifah Gubernur Jawa Timur selalu mendorong agar setiap budaya bisa jadi akses ke pertumbuhan ekonomi dan juga akses tata nilai sehingga selain kearifan lokal sebagai modal kekuatan ekonomi juga untuk kesalehan sosial.

Bupati Pacitan Indarta Nur Bayuaji mengatakan menyelenggarakan pertunjukan menjadi langkah awal pertumbuhan pariwisata Pacitan. Aji sapaan akrabnya berharap jika Pemerintah Pusat berkenan, Pacitan siap menjadi tuan rumah Festival Panji Internasional pada 2023 karena wayang beber adalah bagian dari cerita Panji tersebut.

Halopacitan/Dias Lusiamala

Sebagai warga Pacitan tentunya ini merupakan amanah yang besar, bagaimana mengangkat kesenian atau wayang beber ini diperkenalkan kepada diri kita dan masyarakat luar. Dampak perekonomian nantinya adalah amanah untuk Pacitan.

“Kenapa amanah karena wayang beber hanya dipunyai oleh dua Kabupaten yang salah satunya Pacitan,” katanya.

RELATED NEWS