Memotret Gerak Ekonomi di Pasar Minulyo

Dias Lusiamala - Senin, 07 Februari 2022 09:52 WIB
Pasar Minulyo (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN-Pasar Minulyo merupakan pasar tradisional yang cukup besar di Kota Pacitan. Letaknya berdekatan dengan Terminal Pacitan, yaitu di Jalan Gatot Subroto No. 39A, Purwoharjo, Baleharjo.

Pasar ini dulunya terletak di sebelah supermarket Enggal 2 Pacitan, yang saat ini jadi gedung PLUT Pacitan. Setelah terbakar pasar tersebut akhirnya direlokasi ke lokasi sekarang ini dan diberi nama baru Pasar Minulyo.

Penjual sayur/Dias Lusiamala

Beberapa pasar yang lebih kecil, seperti Pasar Sawo juga ikut direlokasi jadi satu ke Pasar Minulyo. Termasuk beberapa penjual makanan keliling.

Pasar ini terbagi menjadi beberapa blok, bagian belakang pasar ada blok sayur mayur, blok ikan dan daging. Bagian depan pasar ada blok jajanan ringan, perkakas rumah tangga dan sedikit ke selatan penjual pakaian dan kain. Di area dekat parkiran pasar terdapat semacam foodcourt makanan yang biasanya buka di sore-malam hari.

Pusat jajanan tradisional/Dias Lusiamala

Pasar Minulyo menjadi salah satu tempat bergeraknya roda perekonomian masyarakat Pacitan. Saat matahari belum terbit, para pedagang sudah ramai-ramai ke pasar untuk menjajakan dagangannya. Sayur mayur, tempe, tahu, ikan, ayam, dan lainnya. Semua lengkap diperjualbelikan.

Cari apapun ada//Dias Lusiamala

Bila tak sempat sarapan karena terlalu pagi, tak perlu khawatir, karena ada pedagang yang menjajakan jajanan pasar, mulai dari arem-arem, cenil, punten, nasi pecel, ketan dan banyak lainnya.

Area foodcourt /Dias Lusiamala

Lalu lalang pasar sudah mulai ramai sejak pagi sekitar habis subuh hingga siang hari pukul 09.00 wib. Sisanya tinggal penjual pakaian yang buka mulai pukul 10.00 – 17.00 wib. Lalu pedagang makanan di foodcurt buka mulai pukul 17.00-21.30 wib.

RELATED NEWS