Mengenal Apa itu Pawonsari

Amirudin Zuhri - Jumat, 24 Desember 2021 10:49 WIB
Pantai Klayar Pacitan (Dok Halopacitan)

PACITAN- Pawonsari merupakan akronim dari Pacitan, Wonogiri dan Wonosari. Tiga daerah di tiga provinsi tetapi dalam satu garis wilayah geografi. Pacitan di Jawa Timur, Wonogiri di Jawa Tengah dan Wonosari di Gunungkidul DIY. Ketiganya memiliki persamaan karakter terutama sama-sama berada di pesisir selatan Jawa.

Karena berbagai kesamaan tersebut kemudian tiga daerah terebut melkukan kolaborasi untuk pengembangan wilayah. Potensi unggulan dari tiga daerah tersebut secara bersama sama dikembangkan mengingat produk ketiga kabupaten ini memiliki banyak persamaan antara lain biofarmaka, kopi, coklat, kerajinan, olahan yang berasal dari ikan, dan juga dukungan wisata yang sangatlah besar.

Kerjasama di bidang ekonomi Pemerintah Kabupaten Pacitan, Wonogiri dan Gunungkidul yang terbingkai dalam Pawonsari tujuannya tentu untuk menguntungkan semua pihak, utamanya pada percepatan pemasaran produk-produk Koperasi dan UKM. Diharapkan upaya peningkatan ekonomi melalui kerjasama ini dapat mendukung Geo Produksi untuk Geopark Gunung Sewu.

Sejalan dengan peningkatan ekonomi tentunya, peningkatan kunjungan wisata di tiga Kabupaten ini diharapkan menjadi sebuah paket wisata di berbagai geosite geopark gunung sewu yang masing-masing menyuguhkan nuansa dan pesona ketertarikan yang berbeda-beda. Selain pada Sumber Daya Alamnya, Sumber Daya Manusia merupakan salah satu faktor yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut selaras dengan misi Bupati Pacitan yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui sektor unggulan yang ada pada pelaku UMKM di tiga Kabupaten.

“Tentunya sangat kita harapkan untuk bisa melakukan komunal branding antara produk yg diminati dari ketiga kabupaten tersebut. Berharap inilah jalan menuju masyarakat bahagia dan sejahtera.” Kata Eny Setyowati, selaku Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Pacitan Kamis (24/12/2021).

Salah satu upaya dalam kolaborasi tersebut adalah pembentukan Sekretariat Badan Koordinasi Antar Daerah (BKAD) Pawonsari. Masing-masing daerah akan menjadi tuan rumah dari secretariat tersebut selama tiga tahun sebelum beralih ke daerah lain. Pada Kamis (24/12/2021) kantor secara resmi pindah dari Pacitan ke Wonogiri.

Sekretariat BKAD Pawonsari inilah yang bertugas untuk mengkoordinasikan upaya bersama dari tiga kabupaten tersebut.

Bagikan

RELATED NEWS