Menggemakan Ayat Suci di Bumi Pacitan

Dias Lusiamala - Rabu, 24 Agustus 2022 13:24 WIB
Pembukaan MTQ Pacitan (Ist)

PACITAN – Lantunan merdu wahyu illahi memecah keheningan aula Pendopo Pemerintah Kabupaten Pacitan. Begitulah suasana ketika digelarnya ajang Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Pacitan tahun 2022.

Mereka adalah para qori dan qoriah terbaik dari masing-masing kecamatan. MTQ tingkat kabupaten menjadi ajang penjaringan untuk mencari qori qoriah terbaik yang akan mewakili Kabupaten Pacitan pada gelaran MTQ tingkat provinsi.

Pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Pacitan berlangsung di Pendopo Kabupaten oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji. Acara pembukaan diawali dengan pawai taaruf oleh para kafilah dari semua kecamatan.

Turut hadir dalam acara pembukaan MTQ tingkat kabupaten, unsur forkopimda, sekretaris daerah, kepala Kantor Kementerian Agama Pacitan serta para camat sekaligus mendampingi kontingen masing-masing.

“Terimakasih sudah diadakan kegiatan yang luar biasa ini, semoga dengan MTQ ini kita lebih mencintai Allah dan Rosulnya serta lebih cinta kepada tanah air. Sehingga, harapannya Pacitan lebih sejahtera bahagia adil makmur gemah ripah loh jinawi baldatun toyyibatun warobbun ghofur,” kata Bupati, Selasa (23/08/2022).

Antusiasme peserta yang mengikuti lomba tersebut tinggi. Misalnya salah satu peserta dari Tegalombo yang jaraknya cukup jauh dari pusat kota Pacitan. Sang orang tua pun bersemangat mengantarkan dan mendampingi sang anak.

“Saya senang karena anak berani untuk ikut lomba, tidak ada target harus juara berapa, yang terpenting anak sudah mau mencoba,” kata Samsudin, salah satu wali murid yang mengantarkan anaknya.

Persiapan para peserta untuk mengikuti lomba ini secara khusus rata-rata hanya selama dua pekan. Namun sebelumnya, setiap hari anak didik sudah mengikuti pembelajaran pada materi BTQ (Baca Tulis Quran) di sekolah.

Dalam kesempatan yang sama Ketua PCNU Pacitan KH Mahmud mengatakan, melalui kegiatan MTQ tersebut diharapkan mampu menggali potensi masyarakat Pacitan yang berkompeten dalam bidang tilawatil Qur’an.

MTQ tingkat Kabupaten Pacitan ini diikuti oleh 12 kecamatan dengan peserta berjenjang, mulai dari MI hingga MTs. Kategori lomba meliputi, tartil quran, MTQ anak putra dan putri, MTQ remaja putra dan putri, MTQ Dewasa putra dan putri, syarhil quran (MSI) beregu serta khafidz quran. Kejuaraan diambil juara 1,2 dan 3 keculai MSI dan khafidz quran. Pemenang akan mendapat piagam, piala dan uang pembinaan.

Bagikan

RELATED NEWS