Menikmati Indahnya Sentono Gentong Sambil Belajar Sejarah

Halo Wisata 26 Des 2019, By Rahmat DS
Menikmati Indahnya Sentono Gentong Sambil Belajar Sejarah (halopacitan/istimewa)

Sentono Genthong menjadi salah satu objek wisata yang tak kalah menarik dengan objek wisata lain di Pacitan. Objek wisata yang terletak di Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku Pacitan tersebut baru saja mendapatkan penghargaan sebagai wisata alam terbaik ketiga di Jawa Timur.

Tekstur Sentono Genthong yang terdiri atas bukit karang terjal yang dahulu dipergunakan sebagai tempat pertapaan. Indahnya pemandangan di sekitar Sentono Genthong mempunyai nilai tawar luar biasa, terlebih pada saat matahari terbit atau terbenam.

Setono Genthong diyakini mempunyai nilai sejarah, terlebih dengan keberadaan sebuah makam punggawa kerajaan yang diduga berasal dari Kalingga bernama  Buwono Keling. Buwono Keling dikenal mempunyai kesaktian khusus pancasona, yaitu mantra yang dimiliki seseorang yang telah mati dan dapat hidup kembali. Dalam sebuah pertempuran dan membuatnya wafat, sementara jasadnya baru bisa menyatu dengan bumi ketika bagian kepala dan tubuhnya  dikubur terpisah.

Sentono genthong identik dengan bangunan purba berupa petilasan yang di dalamnya terdapat genthong berisi tulang. Tulang itu dipercaya memiliki mitos,  bila pengunjung menyaksikan tulang itu berbentuk silindris, tegak, panjang dan berwarna putih maka dapat ditafsirkan bahwa seseorang itu akan panjang umur dan murah rejeki. Sebaliknya, jika sesorang melihat bentuk tulang yang pendek dan kecil, maka akan pendek umurnya dan kurang rejeki. Menurut cerita rakyat, tulang tersebut merupakan tulang Raja Brawijaya V yang berniat mengorbankan tangannya saat menjelang moksa.  

Sebutan Gentong kabarnya terinspirasi dari kebiasaan para saudagar dari Kalingga Selatan, yang kerap membawa bekal air dan ditampung dalam wadah yang berasal dari tanah liat. Air yang disimpan dalam gentong tersebut tidak hanya untuk keperluan minum tetapi juga untuk berwudhu. Meski sering dipakai, konon air yang mereka tampung tidak pernah habis. Entah bagaimana caranya, namun sejumlah catatan sejarah menyebutkan hal ajaib tersebut.

Sentono genthong menyuguhkan panorama yang begitu komplit, sekali pandang, tampak hamparan pantai, kota, gunung sekaligus perbukitan. Tak hanya itu,, Sentono Gethong juga menyuguhkan banyak spot selfie kekinian untuk para pengunjung yang datang,

 

 

undefined

SP