Menikmati Pacitan dari Puncak Gunung Lanang

Amirudin Zuhri - Minggu, 12 Desember 2021 11:11 WIB
Tiga gunung lanang di Pacitan (Pemkab Pacitan)

PACITAN-Kabupaten Pacitan memiliki gunung yang cukup terkenal yang dikenal sebagai Gunung Lanang. Tetapi mungkin banyak yang belum tahu bahwa ternate ada tiga gunung yang sama-sama dinamakan Gunung Lanang.

Yang pertama adalah Gunung Lanang di sisi barat Pantai Pangasan Desa Kalipelus Kecamatan Kebonagung. Yang kedua adalah Gunung Lanang di Desa Punjung Kecamatan Kebonagung.

Dan yang ketiga adalah Gunung Lanang di Desa Mantren Kecamatan Kebonagung atau tepatnya gunung sebelah utara Gunung Limo. Meski terpisah jauh, ketiganyamemiliki kesamaan. Yakni sama sama merupakan batu yang menjulang.

Yang menarik, Gunung Lanang juga ada di Desa Mergolangu, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Tempat ini dikenal sebagai area wisata alam dan religi.

Gunung Lanang yang terletak di Dusun Ketro Desa Punjung Pacitan juga menjadi salah satu area wisata yang cukup menarik. Salah satu titik tertinggi di Pacitan menawarkan pesona keindahan alam yang mempesona buat para pecinta gunung. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini saat menjelang terbit matahari untuk menikmati sunrise yang indah. Dari tempat ini Anda juga hamparan laut biru. Berkunjung pada malam hari juga tidak kalah asyiknya karena bisa menikmati keindahan kota Pacitan di malam hari.

Rute menuju gunung ini cukup mudah karena lokasinya tak jauh dari pusat kota Pacitan. Dari pusat kota kita menuju jalur Pacitan-Tulakan-Lorok dengan jalur yang sudah beraspal namun berkelok kelok. Sekitar 10 km akan sampai di puncak tanjakan. Setelah sampai Balai Desa Punjung ambil arah kiri yang menanjak. Jalan tersebut akan membawa kita ke kawasan Gunung Lanang.

RELATED NEWS