Menyusuri Cokel, Menyapa Keheningan Alam

Amirudin Zuhri - Kamis, 06 Januari 2022 16:38 WIB
Kali Cokel (Danang/Halopacitan)

PACITAN-Sungai Cokel bermuara di antara Pantai Ngalian dan Pantai Bercak di kawasan wisata Watukarung Desa Watu Karung Kecamatan Pringkuku Pacitan.

Bersumber dari aliran sungai bawah tanah di Luweng Jaran, salah satu goa vertikal di Pacitan, air Kali Cokel jernih dan bersih. Debit air juga cukup besar dan selalu mengalir sepanjang tahun.

Foto: Danang/Halopacitan

Dengan panjang sekitar 4 km sungai menawarkan pesona yang eksostis. Dengan lebar antara 12 hingga 30 meter sungai cukup lebar disusuri dengan perahu.

Foto: Danang/Halopacitan

Sungai Cokel memang telah berkembang menjadi salah destinasi wisata alam yang cukup menarik. Menyusuri Kali Cokel seolah akan membawa kita meninggalkan peradaban yang saat ini cenderung hiruk pikuk.

Pengunjung akan masuk pada ketenangan alam dengan air tenang dan bersih, deretan kebun kelapa dan hutan tropis yang masih perawan di sisi sungai serta suara kumbang hutan dan kicauan burung sering terdengar bersahutan .

Foto: Danang/Halopacitan

Dari pusat kota, objek wisata ini hanya berjarak sekitar 25 kilometer ke arah barat melalui jalur bus Pacitan-Solo. Setelah sampai di pertigaan Desa Dadapan belok ke arah desa Watukarung.

Bagi Anda yang tertarik dan hendak berkunjung ke Kali Cokel ini perlu diingat patuhi peraturan yang ada tentunya demi menjaga keselamatan bersama, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, agar alam senantiasa memberikan keindahannya.

Editor: Amirudin Zuhri

RELATED NEWS