Meski Masih Aman, Pacitan Gencarkan Pencegahan  Cacar Monyet

Amirudin Zuhri - Rabu, 10 Agustus 2022 11:14 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan dr. Hendra Purwaka (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN – Sejauh ini, virus cacar monyet atau monkeypox belum ditemukan di di Kabupaten Pacitan. Namun masyarakat diminta waspada dan melakukan upaya pencegahan.

"Sampai saat ini di Pacitan masih aman,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan dr. Hendra Purwaka Selasa (9/8/2022).

Dia menjelaskan cacar monyet dapat menyerang organ tubuh manusia, terutama kepada kelompok rentan dan berisiko. Oleh karena itu sosialisasi secara masif terus dilakukan. Salah satunya dengan didorong untuk menerapkan pola hidup bersih.

Cacar monyet sudah menjadi wabah yang menyerang manusia dari seluruh kalangan umur di daerah Afrika Tengah dan Barat. Meskipun gejalanya hampir mirip dengan cacar air pada umumnya, penyakit ini bukan berarti bisa disepelekan.

"Karena gejalanya hampir sama dengan penyakit cacar air. Penularannya antar manusia melalui kontak langsung dan juga bisa menular melalui air liur saat bersin atau batuk," terang dr. Hendra.

Agar terhindar dari risiko infeksi virus cacar monyet bisa dilakukan pencegahan sejak dini secara mandiri. Seperti dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan pola hidup sehat. Menjaga kebersihan alat makan hingga memakai masker saat berada di luar rumah.

"InsyaAllah kalau kita menjaga kebersihan dan pola hidup sehat, akan terhindar dari penyakit menular, jangan lupa tetap pakai masker," kata Hendra.

Editor: Amirudin Zuhri
Tags cacar monyetBagikan

RELATED NEWS