IMG-LOGO
Home Halo Kuliner Mik Kopi, Ketika Ngo...

Mik Kopi, Ketika Ngopi dan Nongkrong Tak Bisa Dipisahkan

Pratama Setyawan - Sabtu, 13 Juli 2019 pukul 18.49
Suasana di Mik Kopi Suasana di Mik Kopi (sumber: Halopacitan/Pratama Setyawan)

Halopacitan,Pacitan—Bagi sebagian orang, minum kopi telah menjadi budaya. Tidak sekadar menenggak minuman kental dengan dominasi rasa pahit, suasana nyaman dan mendukung pun diperlukan untuk melengkapi tradisi tersebut.

Hal inilah yang menjadikan warung kopi tetap abadi sepanjang masa. Selalu ada, dan bahkan berkembang dengan berbagai keunikan. Tidak hanya menawarkan racikan kopi dengan rasa khas, warung kopi juga ‘menjual’ suasana.

Salah satunya yang dilakukan Obbie dan beberapa temannya dengan mendirikan ‘Mik Kopi” sebuah tempat ngopi yang ada di Dusun Krajan Temon,Desa Ploso, Kecamatan Pacitan. Tempat yang berdiri sejak 2014 tersebut kini telah menjadi pilihan bagi para penggemar kopi di Pacitan.

Mik Kopi didirikan di lahan sekitar 50 meter persegi. Dari anak-anak muda hingga ibu-ibu sosialita kerap datang ke tempat ini untuk ngopi sembari nongkrong dan berbincang.

Obie mengaku menjadi pengusaha kopian adalah keinginan sejak lama. Awalnya dari hobi nongkrong dan akhirnya iseng membuat usaha itu.

Konsep yang diusung Mik Kopi adalah suasana santi. Pengunjung bisa duduk berlama-lama di tempat tersebut untuk sekadar ngobrol, atau bahkan bermain kartu. Kerap suara tawa pecah di sudut ruangan. “Suasananya memang sengaja dibikin santai. Agar pengunjung merasa nyaman menikmati kopinya,” kata Obbie Sabtu (13/07/2019)

Berbagai jenis kopi disediakan baik tubruk arabica, robusta, cappucino, mochacino, coffe beer hingga green tea pun ada. Sebagai camilan tersedia cireng, pisang bakar dan tahu.  Menurutnya, per hari rata-rata 50 pengunjung datang. Suasana akan lebih ramai ketika akhir pekan.

Ada lagi salah satu kopi unik dari Kediri Jawa Timur yang berasa seperti minum beer yaitu Kapiten Beer. Ini adalah  perpaduan aroma coffe dan beer. Jangan khawatir meski disebut beer, kandungan alcohol minuman ini adalah 0%. Dengan sedikit soda dicampur dengan es rasanya nikmat dan sejuk di tenggorokan.

Dia menambahkan bahan kopi arabica Obie mengambil dari online atau luar kota sementara untuk kopi jenis robusta diambil dari Pacitan.

Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau mulai dari Rp5.000-Rp15.000. Dengan dua karyawan yang dia punya dalam satu bulan dia bisa memperoleh penghasilan hingga Rp10 juta.