Mulai Menggemakan Lagi Uyon-Uyon dari Pendopo Kabupaten Pacitan

Dias Lusiamala - Kamis, 17 Maret 2022 11:58 WIB
Pagelaran Uyon-Uyon di Pendopo Kabupaten Pacitan (Isti)

PACITAN-Pada Rabu (16/03/2022) malam alunan gamelan terdengar di Pendopo Kabupaten Pacitan. Iramanya semakin terdengar menghanyutkan dengan suara merdu sinden yang melantunkan gending-gending Jawa.

Inilah yang disebut sebagai Uyon-uyon. Tradisi yang semakin ditinggalkan bahkan mungkin tidak diketahui oleh para generasi muda. Untuk menjaga tradisi ini terus ada dan berkembang Pemprov Jawa Timur (Jatim) bekerjasama dengan Pemkab Pacitan menggelar uyon-uyon di Pendopo Kabupaten.

Uyon-uyon adalah lantunan gending-gending (lagu) Jawa yang diiringi musik dari gamelan.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji yang hadir membuka acara, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan seni budaya yang digelar di pendopo niatnya tidak muluk-muluk dulu. Cukup dengan menyukai dulu.

Wiyaga (pemusik) gamelan/Ist

" Kalau sudah mencintai kita akan bisa memahami kemegahan dan kesakralan di gamelan Jawa" jelasnya.

Aji menjelaskan kalau Pacitan itu punya banyak potensi seni budaya seperti wayang beber, kethek ogleng, ronthek, upacara-upacara dan tradisi adat di wilayah tertentu. "Potensi-potensi untuk bisa dinikmati, dicintai dan ditularkan pada masyarakat luas" katanya.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji saat membuka pagelaran/Ist

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Sinarto yang juga hadir dalam acara tersebut mengapresiasi pelaku seni budaya Pacitan. " Pacitan menika hebat, senimanipun gamben-gamben (hebat-hebat). Dalangipun sae, pengrawitipun sae, swarawatinipun sae, konon termasuk pelukisipun juga sae' pujinya.

Turut hadir dalam acara ini, forkopimda, Sekdakab Pacitan, serta pelaku seni budaya Pacitan. Uyon-uyon juga disiarkan secara langsung melalui youtube channel Pemkab Pacitan.

RELATED NEWS