Pacitan Kembali Geber Kejurda Matic Race 2022

Dias Lusiamala - Minggu, 03 Juli 2022 17:22 WIB
Kejurda Matic Race 2022 (ist)

PACITAN-Sebanyak 293 pembalap dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta hingga Kalimantan turut ambil bagian dalam kejuaraan daerah (Kejurda) Ibas Matic Race 2022. Berpacu di arena sirkuit Alun-Alun Pacitan adu cepat kuda besi tersebut tidak hanya menghibur tapi juga mengobati rasa rindu para pecinta balapan. Wajar even ini sempat vakum beberapa tahun terakhir.

Kejurda Ibas Matik Race 2022 dibuka langsung anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono atau akrab disapa Ibas. Balapan ini sendiri mempertandingkan 21 kelas mulai dari kelas standart, matic non seeded/ expert lokal dan karesidenan, 2 tak non seeded/expert lokal dan karesidenan hingga open. Sejumlah pembalap lokal pun tidak mau ketinggalan di ajang tersebut.

"Kegiatan motor race seperti ini tidak ada hampir 7 tahun untuk itu saya hadir disini untuk memberikan dukungan semoga kegiatan pro race seperti ini terus berlanjut sekaligus kita jadikan sarana memperkenalkan Pacitan," katanya.

Senada disampaikan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji. Orang nomor satu di Pacitan itu menyampaikan rasa terimaksihnya atas terlaksananya motor race di Kabupaten Pacitan.

"Kegiatan seperti ini Insya Allah selain memang untuk mencari bakat-bakat terbaik bidang balap juga sangat menghibur bagi masyarakat Pacitan," ungkap Bupati.

Ada yang sangat istimewa dalam hajatan road race kali ini, yaitu hadirnya Presiden Ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono yang menyaksikan langsung dari panggung kehormatan.

Dalam kompetisi ini setiap tim menerjunkan lebih dari satu starter-nya. Salah satu tim peserta asal Ngawi ini misalnya. Tim yang bernama Blackhoe Racing Team Ngawi menerjunkan 6 pembalap pemula.

Meski terbilang masih pemula, namun 5 dari 6 pembalapnya sudah mampu meraih peringkat di atas podium.

Kelima pembalap tersebut adalah Ferry S. Mumu kelas matic tune up 130 Cc open juara 3 dan bebek 4 tak 125 Cc open juara 4, Vito kelas matic tune up 130 Cc Karesidenan juara 1, Ekik Felik kelas matic tune up 130 Cc Karesidenan juara 2, Pandu kelas bebek 4 tak 150 Cc ECU standar juara 3 dan Aam Haris kelas bebek 4 tak 125 Cc open juara 5.

"Untuk mencetak para pembalap muda potensial yang berkualitas memang dibutuhkan kerja keras dan harus lebih sering mengikuti event otomotif. Dengan demikian, sambil membangkitkan kembali otomotif di daerah juga memberikan tempat para pembalap untuk berprestasi," kata Owner Blackhoe Group Ngawi Agus Black Budianto, Sabtu(2/7/2022).

Agus menambahkan, event balap biasanya banyak bertabur para mekanik handal. Keberhasilan pembalap tak terlepas dari mekanik. Mekanik merupakan salah satu bagian dan peran terpenting sebagai peracik formulasi mesin motor.

"Matic race atau jenis balapan lain tak terlepas dari para mekanik. Seorang mekanik harus memiliki skill dalam meracik formula mesin dan harus berpengalaman," kata Agus.

Sementara itu Ketua Penyelenggara Matic Race 2022 Pacitan Indra Gunawan menyebutkan pada penyelenggaraan Matic Race 2022 menggunakan balap sistem QTT dan race serta menggunakan transponder.

Meski digelar di jalan raya yang melingkari Alun-alun Pacitan, sirkuit dikemas sedemikian rupa seperti kelas balap Nasional.

“Tentunya kita tetap dengan konsep memanjakan pembalap dan memberikan tempat untuk prestasi mereka. Sedangkan, untuk pembalap usia anak sengaja untuk menjaring potensi menjadi pembalap motor tingkat Nasional,” kata Indra.

Indra juga menambahkan, pihak penyelenggara telah menggelonyorkan sejumlah hadiah istimewa dengan total mencapai Rp26,2 juta. Harapannya dari event seperti ini mampu kembali membangkitkan semangat para pembalap (starter) untuk berkompetisi.

Bagikan

RELATED NEWS