Pacitan Memburu Bibit Atlet Basket

Dias Lusiamala - Minggu, 06 Maret 2022 08:48 WIB
Tim SMKN2 Pacitan B Vs PGS A (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN-Perkembangan Basket di Pacitan terus menggeliat sejak penggurus Perbasi Pacitan dilantik pada tahun 2018 lalu. e

Saat ini Perbasi Pacitan melakukan pencarian bakat dan pembinaan atlit dengan aktif, dengan cara melakukan pertandingan-pertandingan lokal dari tingkat SD, SMP, SMA dan Umum (tanpa batas usia) di Kabupaten Pacitan. Cara lain yang dilakukan Perbasi Pacitan dalam mencari bakat atlit adalah dengan datang ke sekolah-sekolah berkoordinasi dengan guru olahraga.

"Nantinya nama - nama atlt yang sekiranya ada potensi dan bakat basket, akan dilatih secara terjadwal oleh tim pelatih Perbasi Pacitan. Tentunya itu semua juga yang telah mengantongi izin orang tua mereka, karena restu orang tua jadi modal penting para atlit." ,Kata Farizka Febrianto selaku Wakil Ketua I Perbasi Pacitan, sekaligus Ketua Penyelenggara Pertandingan 3x3 Piala Bupati Pacitan 2022 Sabu (05/03/2022).

Selain pencarian bakat yang dilakukan Perbasi Pacitan, di Pacitan rupanya sudah ada beberapa club basket untuk putra dan putri. Farizka mengatakan hadirnya club basket di Pacitan sangat membantu Perbasi Pacitan dalam proses pematangan teknik dan skill para atlit. 3 Club tersebut PGS (Pace Girls Squat) , GBC (Gunung Limo Basket Club), SSK Ngadirojo.

Jadwal latihan Perbasi Pacitan yang digabung dengan GBC dan PGS dilakukan setiap hari Selasa, Jumat dan Minggu, sore di lapangan basket alun-alun Pacitan. Sedangkan untuk jadwal latihan di GOR Pacitan setiap hari Senin dan Kamis malam.

Untuk Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur 2022 , Perbasi Pacitan akan mengirimkan tim putra dengan komposisi sebanyak 15 pemain yang telah diseleksi se Kabupaten Pacitan.

Harapan Farizka dengan segala persiapan pembinaan dan sering ikut turnamen resmi. Basket Pacitan bisa menyumbang banyak prestasi untuk Kabupaten Pacitan.

Tim PGS Vs Infinity/Dias Lusiamala

Turnamen 3 X 3

Dalam rangka hari jadi Kabupaten Pacitan, Perbasi Pacitan menggelar turnamen 3 x 3 Piala Bupati Pacitan 2022. Turnamen ini diikuti khusus untuk basket putri di seluruh Kabupaten Pacitan kelompok usia dibawah 19th. Sebanyak 7 tim yang mengikuti pertandingan 3 x 3 ini, dari club PGS mengirimkan 3 tim, SMKN 2 Pacitan mengirimkan 2 tim, dan sisanya 2 tim yang isinya campuran dari klub dan SMA.

Sistem pertandingan menggunakan setengah kompetisi. Jadi nantinya akan ada 2 grup yang terdiri dari grup A 4 tim dan grup B 3 tim. Setiap tim akan saling bertanding, tiap-tiap grup nantinya akan diambil peringkat 1 dan 2. Kemudian peringkat 1 dan 2 masing-masing group akan lanjut ke babak semi final dan final. Juara yang diperbutkan juara 1-3.

Farizka Febrianto Wakil Ketua I Perbasi Pacitan/Dias Lusiamala

"Dulu awalnya ikut voli, terus pas dijalani gak terlalu suka voli. Pas lihat basket kayaknya menarik, jadi beralih ke olahraga ini. Sejauh ini gara-gara basket jadi nambah banyak pengalaman, tambah teman." ,ungkap Raisa Amalia tim basket siswi SMKN2 Pacitan.

"Dari SMP sudah suka maen basket, terus lanjut sampai sekarang, nggak ada kepikiran olahraga lain, suka aja sama basket." kata Amelia Rahma tim basket siswi SMKN 2 Pacitan.

Di sore hari , tim SMKN 1 Pacitan dan PGS Basketball telah melangsungkan permainan dengan skor yang cukuo tipis. Jual beli serangan diperlihatkan dari kedua tim, dan pertandingan pun dimenangkan oleh PGS Basketball drngan skor 4-1.

Nantinya pertandingan final akan dilaksanakan hari minggu 06/03/2022 sore di lapangan alun-alun basket pacitan.

Editor: Amirudin Zuhri

RELATED NEWS