Pacitan Mulai Uji Coba e-Ticketing untuk Masuk Destinasi Wisata

Amirudin Zuhri - Rabu, 08 Desember 2021 09:14 WIB
Uji coba e-Ticketing di Gua Gong (Instagram Pemkab Pacitan)

PACITAN- Pemerintah Kabupaten Pacitan mulai melakukan uji coba penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk pembayaran tiket masuk destinasi wisata. Ini untuk mempermudah wisatawan sekaligus meningkatkan keamanan.

Uji coba e-ticketing berbasis QRIS dilakukan di destinasi wisata Gua Gong pada Selasa 7 Desember 2021). Menurut Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga QRIS merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Disparpora Kabupaten Pacitan menggandeng Bank Jatim melakukan pendampingan dan pemantauan kepada petugas lapangan dalam penggunaan e-ticketing non tunai. Setelah uji coba e-ticketing/payment ini selesai, Disparpora akan melakukan evaluasi jika ada kekurangan agar system yang digunakan benar-benar siap untuk masyarakat.

“Pembayaran non tunai ini kami kerjakan dengan bank jatim dengan tujuan mencegah kebocoran yang ada, selain itu sistem seperti ini akan memudahkan pelanggan dalam mempercepat pembayaran, juga dapat mengurangi risiko penularan Covid-19 melalui uang tunai,” kata Kadisparpora, T.Andi Faliandra.

Dia menambahkan pembayaran e-ticketing menggunakan QRIS ini akan diberlakukan di semua destinasi wisata di Kabupaten Pacitan, khususnya pada 9 destinasi wisata yang dikelola pemerintah.

Diharapkan penggunaan e-ticketing ini dapat memudahkan pengunjung dengan pembayaran non tunai melalui e-money seperti ovo, linkaja, gopay dan sejenisnya. Sehingga dengan adanya kemudahan ini, pertumbuhan ekonomi dalam sektor pariwisata diharapkan dapat berkembang lebih pesat.

RELATED NEWS