Pacitan Terus Berlari, Percepat Rintisan Kawasan Konservasi

Rahmat Deny - Minggu, 21 November 2021 09:21 WIB
Rintisan Kawasan Konservasi Pacitan

Kamis (18/11) sampai dengan Jumat (19/11) Dinas Perikanan (Disperikan) Kabupaten Pacitan mengadakan Forum Group Discussion (FGD) sebagai bentuk tindak lajut kegiatan

Sosialisasi Rencana Rintisan Kawasan Konservasi Berbasis Masyarakat, Selasa kemarin (16/11) di kawasan Pantai Ngiroboyo, Kecamatan Donorojo.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Perangkat Daerah (PD) terkait, Kecamatan wilayah pesisir, Keamanan Laut Terpadu (Kamladu), serta kelompok masyarakat wilayah pesisir.

“Rangkaian FGD ini juga terdapat agenda sosialisasi, diisi oleh narasumber dari Universitas Brawijaya Malang, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pacitan, serta Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Blitar,” kata Sumorohadi Kepala Dinas Perikanan (Disperikan).

Pada kesempatan tersebut Moro menjelaskan, bahwa kegiatan ini sangatlah penting karena Kabupaten Pacitan mempunyai wilayah laut yang luas, sehingga memiliki potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang sangat banyak. Dari kegiatan tersebut diharapkan masyarakat memperoleh edukasi akan pentingnya melindungi dan melestarikan kekayaan sumber daya kelautan dan perikanan, seperti penyu, terumbu karang, dan biota laut lainnya

“Kedepannya kami akan mengkaji lebih mendalam tentang perlunya penetapan zonasi pada seluruh kawasan konservasi di Kabupaten Pacitan, dengan tujuan melindungi dan melestarikan sumber daya kelautan dan perikanan,” kata Moro, mengakhiri.

Editor: SP

RELATED NEWS