Pantai Baban Gede, Satu Lagi Surga Tersembunyi di Pacitan

Dias Lusiamala - Minggu, 19 Juni 2022 18:55 WIB
Pantai Baban Gede (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN-Kabupaten Pacitan selalu menyuguhkan deretan pantai yang indah dengan panorama alam yang masih alami. Salah satunya Pantai Baban Gede.

Pantai Baban Gede terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung. Jaraknya sekitar 15 kilometer arah timur dari pusat kota Pacitan, Untuk pergi ke Pantai Baban Gede caranya relatif mudah.

Hanya 15 menit dari pusat kota melalui Jalan Lintas Selatan (JLS) ke arah timur. Setibanya di Dusun Kaliwaru ada sebuah baliho di kanan jalan. Itu sekaligus penanda pintu masuk ke pantai.

Berikutnya perjalanan menuju pantai melewati jalan tanah. Maklum, obyek wisata di Pacitan ini baru dibuka akhir tahun 2020. Jadi wajar saja jika akses jalannya pun hingga saat ini masih dalam tahap penyempurnaan. Dari sekitar 2 kilometer jalan desa baru separuh yang dilapisi cor.

Jalan menuju pantai/Dias Lusiamala

"Dulunya jalan setapak pegunungan. Baru pada tahun 2020 mulai kita bedah," kata Sekdes Sidomulyo, Komari saar dihubungi, Sabtu (18/6 /2022).

Saat ini akses menuju Pantai Baban Gede baru bisa dilalui jalur untuk kendaraan roda dua. Jadi jika wisatawan hendak berkunjung kesini disarankan menaiki kendaraan roda dua.

Hempasan angin laut menjadi ciri khas daerah pesisir. Terik matahari pagi pun nyaris tak terasa, tergantikan oleh angin sepoi-sepoi yang terasasejuk. Sementara di kanan kiri jalan tampak pepohonan kayu-kayuan khas hutan tropis.

Panorama pantai/Dias Lusiamala

Sebenarnya Baban Gede merupakan nama bukit di belahan timur kawasan itu. Bukit itu sendiri tengah dalam proses perataan. Nantinya, kata Sekdes Komari, pemerintah desa akan membangun kolam renang, tempat pertemuan, dan tempat camping. Di sisi lain fungsinya sebagai spot mancing juga tetap dipertahankan.

Baban Gede juga menyajikan atraksi kearifan lokal bagi wisatawan. Pengunjung dapat menyaksikan aksi nelayan menangkap lobster di bawah tebing karang. Bahkan jika bernasib baik bisa menyaksikan penyu yang muncul ke permukaan.

RELATED NEWS