Pantai Ngaliyan, Sisi Lain Keindahan Watukarung

Amirudin Zuhri - Senin, 10 Januari 2022 09:55 WIB
Pantai Ngaliyan (Danang/Halopacitan)

PACITAN-Nama Pantai Ngaliyan mungkin tidak terlalu familiar bagi banyak orang meski sebenarnya juga sudah sering dikunjungi wisatawan. Pantai ini kerap disamakan dengan Pantai Watukarung. Padahal sebenarnya adalah nama yang berbeda.

Pantai Ngaliyan lebih menjadi nama yang dikenal oleh masyarakat lokal. Keduanya memang terletak berdampingan. Pantai Ngaliyan terletak di sisi barat Pantai Watukarung.

Wilayah Pantai Watukarung memang cukup panjang dan terbagi dalam beberapa bagian. Di dalamnya tempat pelelangan ikan, Pantai Watukarung yang terkenal dengan surfingnya dan juga ada Pantai Kasap di sebelah Timur Pantai Watukarung.

Danang/Halopacitan

Jadi jika Anda berkunjung ke Watukarung, pantai Ngaliyan sebaiknya dijadikan satu tujuan perjalanan. Tiket masuk juga menjadi satu dengan Watukarung. Pengunjung bisa mencapainya dengan jalan kaki menyusuri pantai, atau juga menggunakan kendaraan.

Danang/Halopacitan

Anda tidak akan rugi karena pantai ini juga menawarkan pesona yang indah. Pantai ini terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Seperti halnya Pantai Watukarung, Ngaliyan juga memiliki hamparan pasir putih yang begitu cantik. Dikombinasikan dengan birunya air lauat dan hijaunya pepohonan yang banyak di sekitar pantai menjadikan pemandangan yang mempesona.

Pantai ini juga dihiasi dengan pulau karang yang terletak tidak jauh dari pantai. Selain itu di sisi lain bukit karang juga menonjol kea rah lautan. Benar-benar pemandangan yang sulit untuk ditinggalkan. Tetapi jika bermain ke pantai ini, Anda harus waspada dan mematuhi rambu-rambu karena seperti pantai Selatan pada umumnya, Pantai Ngaliyan juga memiliki ombak yang cukup besar.

Danang/Halopacitan

Di pantai ini Anda juga bisa memburu sunset meski harus membidik waktu yang tepat. Biasanya, saat paling bagus menikmati sunset adalah pada bulan Januari dan Februari ketika matahari ada di sisi Selatan. Saat itu matahari yang tenggelam tidak tertutup pegunungan dan akan tepat di laut.

Akses menuju pantai juga sangat mudah dijangkau, dari pusat kota Pacitan membutuhkan sekitar kurang lebih 45 menit perjalanan. Meskipun arah menuju ke pantai cukup sempit namun jalanan sudah di aspal halus. Bisa dijangkau dengan kendaran baik sepeda motor maupun mobil.

RELATED NEWS