Pantai Pidakan, Sabet Penghargaan Tatanan Wisata Sehat 2019

Halo Berita 1 Des 2019, By Rahmat DS
Pantai Pidakan, Sabet Penghargaan Tatanan Wisata Sehat 2019 (halopacitan/istimewa)

Pantai Pidakan menjadi salah satu destinasi wisata menarik di kota Pacitan, selain Kelayar, Watu Karung, Soge dan lain-lain. Airnya yang biru, dihiasi pohon kelapa di sepanjang pantai membuat suasana  adem dan nyaman untuk alternatif wisata keluarga. Pantai Pidakan dikenal dengan keunikannya, yaitu hamparan bebatuan yang berwarn putih, berbetuk pipih yang merata di seluruh bibir pantai.  Material Pantai Pidakan, sekitar 70 persen terdiri atas bebatuan alam dan 30 persennya terdiri atas pasir putih, menjadi hal yang menawan apalagi bagi para wisatan baik lokal maupun asing.

 

Kebersihan pantai ini sagatlah terjamin. Pengelolaan pantai yang dilakukan oleh Karang Taruna Godeg Kulon bersama masyarakat sekitar membuat pantai ini menjadi pantai yang sangat bersih dan nyaman. “Setiap hari Minggu, kami pegelola dan masyarakat sekitar mengadaka kegiatan rutin, yaitu kerja bakti membersihkan area pantai agar para pengunjung nyaman datang ke Pidakan”, ungkap Slamet, Ketua Karang Taruna kepada halopacitan (01/12/2019).

 

“Alhamdulillan, kerja keras kami membuahkan hasil. Pantai Pidakan kemarin medapatkan penghargaan sebagai wisata sehat tahun 2019. Dicapainya prestasi tersebut mengandung makna bahwa Pantai Pidakan akan mejadi titik pantau Pacitan sehat”, ucap Slamet.

 

“Kami berharap, penghargaan yang baru saja didapatkan oleh Pantai Pidakan akan menjadi penyemangat teman-teman pengelola, termasuk masyarakat sekitar dan juga pemerintah Desa Jetak, bahwa Desa Jetak bisa. Kami akan tetap menjaga sapta pesona wisata dan mengelola dengan baik, karena pengelolaan pantai ini adalah ekoswisata berbasis masyarakat. Kebiasaan yang sudah baik selama ini, yaitu kerja bakti setiap hari Minggu untuk membersihkan pantai akan terus dilestarikan, termasuk membersihkan fasilitas umum, termasuk toilet di tiga titik dengan 12 pintu, aula, mushola, tempat parkir, tempat outbond, tempat terapi kesehatan dan lain-lain. Kami yakin dengan kebersihan yang selalu terjaga akan membuat nyaman siapa pun yang berkunjung ke Pantai Pidakan”, ucap Slamet menutup.

undefined

SP