Pantai Srau dan Watukarung Segera Terhubung

Dias Lusiamala - Jumat, 10 Juni 2022 12:46 WIB
Pembangunan jalan yang menghubungkan Pantai Srau dan Watukarung (Ist)

PACITAN- Pemerintah Kabupaten Pacitan terus mengembangkan sektor pariwisata. Salah satunya dengan pembangunan jalan yang menghubungkan dua pantai berdekatan yaitu Pantai Srau dan Watukarung.

“Penyambungan akses Srau-Watukarung tahun ini sudah dimulai pengerjaannya,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Pacitan Suparlan, Kamis (9/6/2022).

Sejumlah alat berat sudah diterjunkan di lokasi sejak beberapa hari lalu. Jalan setapak penghubung dua objek wisata di Kecamatan Pringkuku tersebut bakal disulap jadi aspal hotmix. Peningkatan jalan sepanjang 3,5 kilometer.

“Tahun ini 1,8 kilometer dulu, sisanya tahun depan. Anggaran pengerjaan tahun ini sebesar Rp3,9 miliar,” imbuh Suparlan.

Suparlan menambahkan, penyambungan akses wisata itu membutuhkan anggaran tak sedikit. Selain pekerjaan fisik, diperlukan pula pembebasan lahan seluas 21.322 meter persegi. Dengan adanya perbaikan ini Suparlan optimistis peningkatan jalan Srau-Watukarung berdampak baik ke depan.

“Pengunjung dua pantai itu semakin meningkat, imbasnya ekonomi masyarakat lebih baik karena bisa membuka wisata baru,” kata Suparlan.

Selama ini, wisatawan harus melalui dua jalur berbeda saat ke Pantai Srau maupun Watukarung. Jika dari Srau hendak ke Watukarung, mesti memutar dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Padahal, dua objek wisata itu berdekatan.

“Kalau pekerjaan perbaikan jalan ini sudah beres, dari pantai Srau ke Watukarung bisa ditempuh kurang lebjh hanya 10 menit,” kata Suparlan.

RELATED NEWS