Patuh pada Protokol Kesehatan adalah Vaksin Terbaik

Halo Berita 23 Nov 2020, By Rahmat DS
Patuh pada Protokol Kesehatan adalah Vaksin Terbaik (halopacitan/istimewa)

Patuh protokol kesehatan menjadi vaksin terbaik saat ini. Ketua Satuan Tugas ( Satgas) Penanganan COVID-19, Doni Monardo mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Doni menyampaikan bahwa saat ini vaksin terbaik adalah protokol kesehatan. "Walaupun pemerintah telah menyiapkan sebuah program vaksin, namun dalam berbagai kesempatan bapak presiden selalu mengatakan, sebelum vaksin ini diberikan kepada masyarakat maka vaksin terbaik hari ini adalah patuh kepada protokol kesehatan," kata Doni usai rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta (23/11/2020).

 Doni menyampaikan bahwa taat protokol kesehatan adalah dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sesering mungkin menggunakan sabun dan air mengalir. Masyarakat juga diminta menghindari kerumunan massa. Jika terjadi pelanggaran protokol kesehatan, kepala daerah dan Satgas harus melakukan penertiban dan penegakkan sanksi.

"Kami berharap ketegasan dari seluruh Satgas baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota untuk melaksanakan aturan yang telah disusun oleh pemerintah daerah, baik itu peraturan yang bersifat Perda maupun Peraturan Bupati dan Wali Kota," ujar Doni.

Doni mengatakan, dalam beberapa hari terakhir penambahan kasus COVID-19 masih terus terjadi. Bahkan, di Ibu Kota Negara, peningkatan kasus virus corona relatif lebih tinggi dibandingkan waktu-waktu sebelumnya. Di DKI, dua hari yang lalu penambahan kasus COVID-19 mencapai 1.579. Sementara itu, kemarin, kasus virus corona meningkat sekitar 1.300 kasus, seperti dilansir dari kompas.com.

 "Kita harus mampu mengajak seluruh komponen bangsa untuk patuh kepada protokol kesehatan," kata Doni, penutup.

undefined

SP