Pegadaian Berharap Bisa Salurkan KUR

SP - Rabu, 10 Februari 2021 05:35 WIB
Ilustrasi: Pegadaian Terus Berbenah, Berharap Bisa Salurkan KUR undefined

Dengan peningkatan jumlah nasabahnya ditengah pandemic COVID 19, PT Pegadaian (Persero) berharap diberikan kesempatan oleh pemerintah untuk menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR). Pasalnya, hingga saat ini Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu belum bisa menyalurkan KUR kepada pengusaha mikro.

Kuswiyoto, Direktur Utama Pegadaian seperti dilansir dari Trenasia.com Selasa (9/2/2021) menuturkan ini adalah tantangan bagi Pegadaian, karena perseroan memiliki jumlah nasabah sekitar 16,9 juta orang pada 2020 dari sebelumnya sebanyak 13,8 juta orang pada 2019.

“Kami minta didukung untuk bisa menyalurkan KUR dan supermikro sehingga bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi,” katanya dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VI DPR, Senin, 8 Februari 2021.

Pada tahun 2020, Pegadaian telah memberikan dukungan pada program pemulihan ekonomi nasional (PEN) dengan sejumlah program seperti restrukturisasi kredit, relaksasi kredit, dan Gadai Peduli.

“Untuk relaksasi, kami menambah masa tenggang waktu sampai 30 hari untuk kredit gadai yang biasanya 15 hari tidak tebus, dilelang. Sekarang kami tambah menjadi 30 hari tanpa tambahan biaya,” katanya.

Selain dari itu, Kuswiyoto juga mengatakan pihaknya memberikan subsidi bunga bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). “Dari program itu, yang eligible 1,8 juta nasabah dengan uang subsidi Rp422,5 miliar tapi (realisasi) pencairannya sebanyak 370.000 rekening dengan total subsidi Rp108,6 miliar,” tegasnya.

Bagikan

RELATED NEWS