Pelayanan Pemerintah Harus Kembali Maksimal

Dias Lusiamala - Kamis, 12 Mei 2022 10:25 WIB
Warga menunggu pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pacitan (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN- Setelah libur Lebaran semua lembaga pemerintahan harus segera kembali memberikan pelayanan ke masyarakat dengan maksimal. Salah satunya Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil yang biasanya langsung diserbu warga.

Anggota Komisi I DPRD Pacitan, Arifin meminta Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Pacitan agar memberikan pelayanan dengan baik, ramah, cepat dan tepat.

Menurut Arifin, pada tahun-tahun sebelumnya ketika libur lebaran telah usai ada banyak warga yang datang ke dinas untuk mengurus data-data pribadi kependudukan misalnya, berpindah tempat tinggal, kekeliruan data KTP, mengubah data Kartu Keluarga.

"Biasanya ada banyak warga yang merantau pulang kampung, saat kembali merantau mengajak saudaranya untuk bekerja dirantau makanya butuh mengurus data pribadi. Terus ada juga yang berpindah tempat tempat tinggal domisili, merubah status perkawinan dan lain sebagainya," kata Arifin Rabu (11/5/2022).

Untuk itu, Arifin menekankan kepada dinas terkait agar melayani dengan baik, ramah, cepat dan tepat waktu. Karena bisa jadi data tersebut benar-benar dibutuhkan oleh warga. Begitu juga sebaliknya kepada warga dihimbau untuk membaca dan menyiapkan persyaratan apa saja yang dibutuhkan agar proses pelayanan bisa cepat diproses.

Arifin juga menekankan agar dinas terkait tidak memberikan alasan-alasan seperti kurangnya SDM yang membantu pelayanan, atau keterbatasan alat pelayanan.

"Memang kita sadari SDM minim sedangkan warga yang datang ada banyak. Maka dari itu diperlukannya managemen waktu yang tersusun rapi. Harus bisa melangkah dengan cepat untuk melayani," tambah Arifin.

Dengan adanya pantauan seperti ini menunjukan keserisuan fungsi legislatif dalam pengawasan agar semua roda pemerintahan di Kabupaten Pacitan terkhusus pelayanan di dinas mampu berjalan dengan baik, ramah, cepat dan tepat.

Bagikan

RELATED NEWS