Pencairan Bantuan Paangan Non-Tunai Periode Juni Belum Jelas Kapan

Dias Lusiamala - Kamis, 14 Juli 2022 15:18 WIB
ilustrasi (ist)

PACITAN – Pencairan bantuan sosial pada program bantuan pangan non tunai (BPNT) yang dialokasi pada Bulan Juni hingga saat ini belum jelas.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pacitan, Sumoro Hadi mengatakan bahwa, pihaknya sudah seringkali melakukan koordinasi ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur maupun ke Kementerian Sosial Republik Indonesia, namun belum ada petunjuk pasti, kapan bantuan soal non tunai akan kembali disalurkan kepada penerima manfaat.

“Sudah seringkali kita koordinasikan, namun belum ada kejelasan kapan program BPNT akan kembali disalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM),” kata Sumoro Hadi, Rabu (13/7/2022).

Sumoro Hadi juga mengungkapkanbelum lama ini, pihaknya juga sudah melakukan langkah koordinasi untuk memvalidasi data KPM ke pusat data dan informasi nasional (Pusdatin).

Menurut Sumoro, beberapa data KPM masih perlu disinkronisasi. Mengingat masih banyak ditemukan KPM yang sudah meninggal dunia, namun keluarga penerima manfaat tersebut belum dihilangkan dari data base.

“Jumlah data yang perlu disinkronisasi belum bisa dipastikan. Tapi ya cukup banyak. Ini masih dilakukan validasi di Pusdatin,” kata Sumoro.

Harapan Sumoro, dengan langkahnya membantu melakukan sinkronisasi ke Pusdatin bisa segera membantu keluarga penerima manfaat agar segera mendapat BNPT.

Editor: Amirudin Zuhri

RELATED NEWS