Pengguna Medsos Aktif di Indonesia Mencapai 170 Juta

SP - Kamis, 25 Februari 2021 06:15 WIB
Medsos paling banyak dipakai pengguna internet Indonesia. Foto: We Are Social/Hootsuite undefined

Pandemi COVID 19 yang menyerang secara global, telah merubah gaya hidup masyarakat dibanyak negara termasuk Indonesia. Penggunaan internet menjadi hal yang utama ditengah banyak negara melakukan pembatasan social warganya. Internet menjadi sarana bekerja, belajar dan bersosialisasi.

Seperti dilansir dari detikinet.com Selasa (23/2/2021) bahwa pertumbuhan pengguna internet Indonesia beriringan dengan pertambahan jumlah pengguna aktif media sosial (medsos) yang kini mencapai 170 juta pengguna.

Sementara itu dalam laporan terbaru dari We Are social, perusahaan asal Inggris bekerja sama dengan Hootsuite per Januari 2021, pengguna aktif medsos bertambah 6,3% atau setara 10 juta pengguna dibandingkan pada Januari 2020. Pengguna internet Indonesia terkini mencapai 202,6 juta dari jumlah populasi RI sekitar 274,9 juta jiwa,.

Selain itu, We Are Social dan Hootsuite menyebutkan rata-rata pengguna medsos Indonesia bisa menghabiskan waktu sampai 3 jam 14 menit per harinya. Perangkat mobile seperti smartphone menjadi perangkat yang paling banyak digunakan untuk mengakses medsos yaitu 168,5 juta dari 170 juta pengguna aktif medsos di Indonesia itu, sehingga bisa dikatakan 61,8% di antaranya merupakan aktif di medsos

Sedangkan jika dilihat dari segi usia pengguna medsos, dalam laporan tersebut menyebutkan pengguna medsos direntang usia 25-34 tahun mendominasi. Setelah itu kelompok usia 18-24 tahun.

We Are Social dan Hootsuite juga menganalisa terkait platform medsos di Indonesia yang paling banyak digunakan dalam sebulan terakhir pengguna internet dari usia 16 sampai 64 tahun, YouTube menempati urutan teratas, kemudian diikuti WhatsApp, Istagram, Facebook, Twitter sedangkan posisi terakhir Snapchat.

Bagikan

RELATED NEWS