Perjalanan Mega Menuju Young Ambassador Kementan 2022

Dias Lusiamala - Jumat, 22 April 2022 14:14 WIB
Gusti Ayu Ngurah Megawati (Ist)

PACITAN- Wirausahawan pertanian milenial Provinsi Jawa Timur, Gusti Ayu Ngurah Megawati dari Kabupaten Pacitan meraih Golden Ticket pada Young Ambassadors Kementan 2022 (YAB).

Pada tahun 2021 Mega mengikuti Yess program yang diadakan oleh Kementrian Pertanian. Dia adalah wirausaha yang bergerak di produksi gula aren.

Program ini diikuti oleh petani se-Indonesia. Di Provinsi Jawa Timur untuk program Yes hanya diadakan pada 4 Kabupaten yaitu Pasuruan, Tulungagung, Malang dan Pacitan.

"Saat itu usaha saya sudah berjalan, kemudian disurvei, lalu divalidasi oleh tim Yess program dari Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan. Dari situ saya mengikuti pelatihan satu kali, pada saat itu berlokasi di BPP Pringkuku saat itu kegiatannya adalah pelatihan untuk pembuatan proposal bisnis. Saya belajar dan dilatih. Kemudian ada semacam kompetisi yaitu hibah kompetitif dari Yess program. Para peserta pelatihan harus membuat semacam proposal yang kemudian digunakan untuk kompetisi, dan alhamdulillah dari event itu gula aren temon mendapatkan nilai bagus dan baik, lanjut lolos untuk tahap selanjutnya," kata Mega (21/04/2022).

Setelah penerimaan hibah kompetitif dari tim Yes program Kementerian Pertanian, Mega kerap ditunjuk untuk mengisi pelatihan Yes program pelatihan-pelatihan. Berawal dari situlah Mega diusulkan untuk mewakili Kabupaten Pacitan untuk mengikuti Yess Program bootcamp, dan usulan tersebut diinfokan kepada Mega lewat Polbangtan (Politeknik Pembangunan Pertanian) Malang.

Perwakilan dari Jawa Timur ada sebanyak 3 orang, masing-masing dari Tulungagu.ng, Madiun dan Pacitan. Mega bersama peserta yang lain mengikuti bootcamp di Jakarta. Kegiatan bootcamp dilaksanakan selama 6 hari. Selama bootcamp kegiatan disana diisi oleh para pemateri yang sangat kompeten sekali. Tujuan dari kegiatan ini dilaksanakan, yaitu dari pihak Kementerian mencari sosok-sosok dari daerah atau dari pedesaan yang bisa dijadikan pilot project dan contoh untuk para petani milenial di tiap-tiap daerah.

Kompetisi Young Ambassador Kementan 2022/Ist

Total dari 49 peserta se-Indonesia dari Sabang sampai Merauke, akan terpilihlah jadi 27 terbesar atau terbaik. Setelah 27 besar peserta tersebut terpilih, dari 27 peserta masih akan ada tahap seleksi lagi menjadi 15 orang yang benar-benar atau akan direkrut untuk menjadi Young Ambassador program-program Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Gula aren temon Pacitan masuk ke dalam 27 besar, dan sedang mengikuti tes ke tahap selanjutnya.

"Alhamdulillah bisa bawa Pacitan diprogram nasional, bersyukur semoga bisa menginspirasi dan di tahun tahun berikutnya, yang masih muda muda ada mega mega berikutnya,"

Ke depannya 15 orang tersebut, akan menjadi sosok dibalik petani milenial atau Yes program.

"Jadi 15 orang nantinya akan mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dari Yess program di seluruh Indonesia. Tahapan seleksinya mulai dari permainan dulu. Tahapan selanjutnya memulai tahapan seleksi 15 besar, sudah dimulai di minggu ini dengan beberapa langkah melalui/salah satunya kemarin, pemaparan pemaparan usaha, pemaparan personal branding menggunakan menggunakan bahasa Inggris untuk pengumuman 15 besar young Ambassador 2022 di awal bulan Mei," terang Mega

RELATED NEWS